Tidak Ada Jemaah Haji Bandar Lampung Yang Terjangkit Covid-19

Gambar Hanya Dekorasi, Sumber: Google

gawoh.com – Dinas Kesehatan Bandarlampung, Minggu, menyatakan tidak ada jemaah haji asal kota tersebut yang terjangkit COVID-19 setelah tiba dari kepesertaan haji tahun ini di Mekkah, Arab Saudi.

“Hasil tes antigen jemaah haji yang pulang dipastikan negatif Covid-19,” kata Pj Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung Desti Mega Putri di Jakarta, Minggu.

Terlepas dari kabar baik ini, dia mengimbau kepada pekerja di semua pusat kesehatan masyarakat di kota untuk melakukan pemantauan menyeluruh terhadap kondisi kesehatan semua jemaah haji yang kembali untuk jangka waktu tertentu.

Dengan demikian, pemantauan tidak hanya dilakukan kepada mereka yang dinyatakan positif COVID-19 tetapi juga kepada seluruh jemaah haji yang kembali karena mereka menyerahkan kartu sehat sesaat setelah kedatangan mereka, katanya.

Jika jemaah haji yang kembali mengalami gejala ringan COVID-19, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri, tambahnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan infeksi virus corona, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan pedoman pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia yang kembali dari Arab Saudi.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan suhu tubuh melalui thermal scanner dan thermal gun, pemeriksaan dan observasi gejala dan kondisi kesehatan jemaah haji di Asrama Haji Debarkasi.

Jemaah haji yang menunjukkan gejala seperti demam atau berpotensi penyakit menular akan dibawa untuk pemeriksaan lebih lanjut dan tes swab antigen, katanya.

“Jika hasilnya positif akan dirujuk ke fasilitas isolasi terpusat untuk kasus asimtomatik atau gejala ringan. Sedangkan yang gejala sedang atau berat akan dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19,” tambah Asmoro.

Kementerian Agama telah menyiapkan 13 titik debarkasi untuk menyambut jemaah haji yang kembali dari Arab Saudi.

Ke-13 titik tersebut berada di Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Lombok, Batam, Surabaya, Palembang, dan Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.