Penampilan 50.000 Karpet Baru di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

gawoh.com, Makkah – 50 Ribu Karpet baru menutupi lantai 2 Masjid Suci, Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Hal ini guna memberikan rasa nyaman kepada jemaah dalam Bulan Suci Ramadan.

Karpet yang digelar tersebut dibuat di Arab Saudi dan memenuhi spesifikasi dan kriteria teknis tertentu. Tujuannya untuk alas salat sesuai dengan ruang dua masjid suci dan memenuhi kebutuhan peziarah dan jemaah.

Menurut Direktur departemen pembersihan karpet masjidil Haram, Jaber Ahmad Al Wada’ani berkata, produksi karpet ini memakan waktu hingga 11 bulan. bahannya berkualitas tinggi dan juga mewah.

“(Sehingga jemaah bisa salat dengan) segala hormat dan ketenangan,” kata Jaber dikutip dari Arab News.

Sementara itu, Kepresidenan Umum untuk urusan dua masjid suci telah mendirikan departemen spesialis 43 tahun yang lalu untuk mendisinfeksi, membersihkan, mensanitasi dan mengharumkan karpet dengan teknologi terbaik dan terbaru.

“Dulu karpet, Masjidil Haram Makkah diimpor dari Jerman, Belgia dan Lebanon selama bertahun-tahun. Dari 1999 sampai 2000, impor karpet dihentikan dan batch pertama karpet didirikan di pabrik Makkah,” Ujar Jaber.

Kepala Fasilitas eksternal dalam Departemen Karpet Masjidil Haram, Muhammde Al Thibani menjelaskan detail yang special pada cetakan dalam karpet.

“Lambang Arab Saudi ditandai di tengah pada setiap permadani, dan area permadani yang tersisa dihiasi dengan pola kayu dan bunga serta cetakan berbagai warna, kuning, krem dan navy. Semuanya bergelombang dengan elegan dan harmonis,” Jelasnya.

ada juga spesifikasi teknis yang dimiliki karpet Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, Bahannya tebal, tahan lama dan kuat. benangnya lembut, terasa empuk dibagia bawah dan memiliki stabilitas warna yang baik, dan tidak terpengaruh saat pencucian berulang.
“Karpet ini terbuat dari 100 persen benang akrilik murni. Tumpukan itu beratnya 400 gram dan tingginya mencapai 13 mm. Tinggi total satu karpet adalah 16 mm,” Katanya.

Setiap karpet juga memiliki chip elektronik dan kode yang terhubung dengan sistem elektronik. jadi terdapat informasi seperti tanggal pembuatan, lokasi dan pencucian bisa terbaca.

Karpet dalam Masjidil Haram juga menjalani proses operasi pencucian sepanjang tahun. Binatu memberikan masjid ini dengan 2 ribu karpet bersih dalam seminggu.

dan juga ada pemantauan pembersihan sepanjang waktu. para pekerja juga membersihkan dan mengharumkan dalam 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.