Scrool Untuk Membaca
Berita

Indonesia Akan Mempunyai Proyek Uji Kendaraan di Bekasi

371
×

Indonesia Akan Mempunyai Proyek Uji Kendaraan di Bekasi

Sebarkan artikel ini

gawoh.com – Indonesia akan mempunyai proving ground atau pengujian kendaraan di Bekasi untuk pertama kalinya. Proyek ini akan digarap bersama Jepang dengan konsorsium Indonesia-International Automotive Proving Ground (II APG).


Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian Kerja Sama Proyek Badan Usaha (KPBU) Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat. Dalam waktu dekat rencananya akan dilakukan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita akan groundbreaking bulan ini dan November tahun depan sudah mulai operasi. Semoga bisa dilaksanakan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Pada Senin 31 Oktober 2022.

Konsorsium yang menggarap proyek ini terdiri dari PT Gobel Internasional, PT Bintang Pradipa Persada, PT Hutama Karya (Persero), Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation, Toyota Tsusho Corporation, dan PT Astra Daihatsu Motor.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan hal ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan standar kendaraan bermotor baik untuk kebutuhan nasional maupun ekspor.

“Serta menerapkan standarisasi pengujian kendaraan bermotor dengan mengikuti UNR sehingga dapat mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia,” Ujarnya.

Fasilitas pengujian kendaraan pertama di Indonesia ini bertaraf internasional yang dilandasi oleh Association of Southeast Asia Nation Mutual Recognition Arrangement (ASEAN MRA). Pengujian kendaraan juga akan mengikuti standar United Nation Economic Commission for Europe Vehicle Regulations (UNR).

Hendro menjelaskan proyek ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,98 triliun dengan availability payment atau skema pengembalian kepada investor Rp 339,9 miliar per tahun. Targetnya proyek ini dapat melakukan 14.319 pengujian kendaraan per tahun.

“Periode kerja sama proyek selama 17 tahun, termasuk 2 tahun masa konstruksi dan 15 tahun masa operasi,” Kata Hendro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Gawoh.com – Jakarta, 24 November 2023 – Malam ini, Jakarta International Stadium menjadi saksi ketegangan antara dua kekuatan besar sepak bola junior, Brasil dan Argentina, dalam pertandingan perempatfinal Piala Dunia…

Berita

gawoh.com – Logo resmi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh telah resmi diungkap dan kini terpampang megah di sisi gerbong kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Acara peresmian yang berlangsung…

Berita

gawoh.com – Kehadiran Cristiano Ronaldo telah membawa angin segar bagi Liga Arab Saudi. Kabar ini terungkap dari pernyataan salah seorang pejabat baru-baru ini dalam Saudi Pro League. Ronaldo, seorang ikon…

Berita

gawoh.com – Pada Kamis, 3 Agustus 2023, suasana hangat dan ceria mewarnai Puncak Acara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Festival 2023 di Kota Kasablanka. Kehadiran tokoh-tokoh pemerintahan ternama seperti Presiden…