Pendiri Nexon Jung-ju Jay Meninggal Dunia

Jung-jujay Pendiri Nexon

gawoh.com – Jung-ju Jay Kim, pendiri perusahaan game Korea Selatan Nexon, telah meninggal dunia pada usia 54 tahun. 

Pada hari Selasa, perusahaan induk Nexon NXC merilis sebuah pernyataan: “Dengan kesedihan yang mendalam, Nexon berduka atas meninggalnya pendiri tercintanya, Jungju Jay Kim, yang meninggal pada bulan Februari.”

Kematiannya yang tiba-tiba datang sebagai kejutan besar bagi industri game Korea Selatan yang melihat Kim sebagai ikon dan pelopor. Perusahaan tidak mengungkapkan penyebab kematian. Menurut laporan media , Kim telah menjalani perawatan untuk depresi, dan kondisinya tampaknya semakin memburuk. Ia meninggalkan satu istri dan kedua putrinya. 

Kim, yang mendirikan Nexon pada tahun 1994, memelopori ruang permainan PC dan video gratis dan meluncurkan Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) pada tahun 1996. Judul-judul populernya termasuk The Kingdom of the Winds, MapleStory, KartRider, Mabinogi dan Penjara Bawah Tanah & Pejuang. 

Kim mengundurkan diri dari posisi CEO di NXC setelah menjabat selama 16 tahun dan menyerahkan posisinya kepada JaeKyo Lee tahun lalu. Kim mempertimbangkan untuk menjual saham mayoritasnya  di NXC senilai sekitar $9 miliar pada 2019 tetapi menarik penjualannya karena dia tidak dapat menemukan pembeli yang cocok. 

Nexon, salah satu perusahaan game terbesar di dunia, memindahkan kantor pusatnya dari Seoul ke Tokyo pada 2005 dan go public di Tokyo Stock Exchange pada 2011, mengumpulkan lebih dari $1 miliar dalam penawaran umum perdana terbesar tahun ini di Jepang. 

“Sulit untuk mengungkapkan tragedi kehilangan teman dan mentor kami Jay Kim, seorang pria yang memiliki dampak positif yang tak terukur pada dunia,” kata CEO dan presiden Nexon Owen Mahoney dalam sebuah pernyataan. “Sebagai pendiri dan pemimpin visioner, Jay mendorong orang-orang di sekitarnya agar mengabaikan para skeptis dan mempercayai naluri kreatif mereka sendiri. Dia akan sangat dirindukan oleh keluarga Nexon dan banyak temannya.” 

Menurut Forbes , Kim, orang terkaya ketiga di Korea Selatan pada Mei 2021, berjanji untuk menyumbangkan $93 juta untuk perusahaan rintisan dan rumah sakit anak-anak pada tahun 2018. 

NXC melakukan diversifikasi ke bisnis crypto melalui investasi di bursa cryptocurrency pertama Korea Selatan Korbit pada tahun 2017 . Perusahaan ini memiliki lebih dari 45 permainan langsung yang tersedia di lebih dari 190 negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.