5 Modus Penipuan Online yang Sering Terjadi

gawoh.com – perkembangan di dunia digital tidak hanya memberikan kemudahan saja, tetapi juga memberikan kemudahan untuk aksi kejahatan seperti penipuan, salah satunya yaitu penipuan dalam transaksi keuangan online.
Maka dari itu masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaannya dengan memahami jenis penipuan online agar terhindar dari penipuan. Berikut ini adalah berbagai modus penipuan Online dan cara menghadapinya.

Phising

salah satu penipuan yang banyak memakan korban yaitu Phising, phising sendiri merupakan teknik untuk mengelabui korban dengan cara memberikan link website palsu yang dibuat mirip dengan website aslinya untuk mendapatkan informasi pribadi korban.

karena ini terlihat sangat mirip, banyak masyarakat terjebak dan mengklik link tersebut setelah itu pelaku mendapatkan data pribadi korbannya. seperti password email, nomor kartu kredit dan hingga pin ATM.

Sniffing

Sniffing sendiri yaitu kejahatan penyadapan. Para pelaku memanfaatkan akses jaringan publik dari lalu linta data di jaringan publik itu sendiri, pelaku bisa meangkap korban menggunakan alat bantu khusus.

Money Mule

Money rule diartikan sebagai tindakan memindahkan uang secara ilegal mengatasnamakan orang lain. Biasanya uang ini didapat dari tindak kejahatan seperti penipuan dan penjualan barang haram.

biasanya memindahkan uang ke bank akun lain akan mendapatkan komisi, guna mencuci uang tersebut agar polisi sulit melacaknya.

Social Engineering

Social engineering sendiri yaitu teknik manipulasi yang memanfaatkan human error untuk mendapatkan informasi pribadi korbannya. Biasanya dilakukan ditengah korban sedang lengah dan tidak fokus.

sistemnya para pelaku memanfaatkan minimnya pengetahuan sang korban dalam mengakses internet. Pelaku biasanya mengambil informasi pribadi, dan juga bisa melakukan sabotase terhadap data penting di komputer korban.

Spoofing

Spoofing sendiri mirip seperti phising, tetapi metode ini menyamarkan situsnya dengan hanya membedakan domainnya satu huruf atau typo domain sehingga jika kita tidak jeli melihat akan terkena penipuan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.