Scrool Untuk Membaca
BeritaTeknologi

AI Meningkatkan Keselamatan dan Produktivitas di Berbagai Industri

194
×

AI Meningkatkan Keselamatan dan Produktivitas di Berbagai Industri

Sebarkan artikel ini

Artificial Intelligence (AI) kini hadir di mana-mana — dalam berita, mobil, dan perangkat yang kita gunakan sehari-hari. AI juga berperan penting dalam meningkatkan keselamatan, produktivitas, dan profitabilitas bisnis di seluruh dunia.

Peningkatan Keselamatan di Sektor Fisik

Bisnis dengan operasi fisik seperti transportasi dan logistik, konstruksi, minyak dan gas, ritel, dan pengiriman berpotensi mendapatkan keuntungan besar dari AI. Dengan begitu banyak kegiatan bisnis mereka yang terjadi jauh dari kantor pusat atau lokasi kerja, AI memberikan visibilitas yang sangat dibutuhkan. Pemimpin di perusahaan ini mengelola aset bernilai miliaran, termasuk kendaraan dan peralatan, sambil menghadapi tantangan tenaga kerja yang semakin rentan terhadap kecelakaan, yang kini mencapai tingkat rekor.

Peningkatan perilaku berbahaya, seperti mengemudi sambil terganggu dan ngebut, telah menghasilkan statistik suram: Data awal dari National Safety Council menemukan bahwa lebih dari 44.000 orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun 2023. Dengan biaya yang terkait dengan setiap kecelakaan fatal seringkali melebihi $7 juta, kebutuhan mendesak akan solusi baru semakin jelas.

AI Menjawab Tantangan

AI hadir sebagai solusi. Kategori baru AI yang disebut computer vision memberi pemimpin bisnis cara untuk melihat operasi mereka seperti belum pernah sebelumnya. Computer vision menggunakan algoritma canggih yang dikombinasikan dengan kamera mutakhir untuk menafsirkan dan memahami informasi visual seperti video atau gambar diam.

Aplikasi computer vision termasuk deteksi perilaku mengemudi yang tidak aman atau kondisi jalan, di mana sistem seperti dash cam bertenaga AI mengidentifikasi dan melacak objek di jalan atau memperingatkan pengemudi tentang tindakan berisiko yang mereka lakukan. Sistem ini bahkan dapat dimasukkan ke dalam sistem pengawasan yang memantau dan mendeteksi anomali di lokasi kerja atau ruang publik serta analisis pencitraan medis untuk membantu mendiagnosis penyakit.

Untuk aplikasi keselamatan jalan, computer vision dapat mendeteksi perilaku mengemudi berbahaya seperti penggunaan ponsel, pengereman mendadak, atau mengikuti terlalu dekat, dan memperingatkan pengemudi serta manajer secara real-time. Peringatan ini memungkinkan pengemudi untuk segera mengoreksi tindakan mereka sebelum menyebabkan kecelakaan dan memberi tahu manajer bahwa pelatihan lanjutan mungkin diperlukan.

Namun, penerapan AI bukanlah solusi sempurna. Akurasi sering kali menjadi bahan yang hilang dan sangat penting, terutama dengan computer vision AI. Jika AI tidak akurat, risiko keselamatan bisa semakin parah dan menimbulkan kerugian lebih besar. Dan ketika datang ke bisnis yang mendukung ekonomi fisik, potensi kerugian ini bisa memengaruhi kehidupan dan mata pencaharian orang.

Potensi AI yang Belum Terealisasi

Laporan Motive’s Physical Economy Outlook, yang mensurvei 1.000 pemimpin operasi fisik di 11 industri, menemukan bahwa 69% responden mengakui potensi AI untuk berdampak positif pada peran mereka. Mereka melihatnya sebagai pengubah permainan bagi perusahaan mereka. Ketika ditanya di mana mereka berpikir AI akan memberikan nilai terbesar bagi organisasi mereka, responden menyebutkan berbagai hal mulai dari peningkatan otomatisasi dan pengambilan keputusan yang lebih baik hingga peningkatan keselamatan bagi pekerja.

Keselamatan Jalan dengan AI

Pemimpin bisnis sering kali beralih ke kamera bertenaga AI seperti dash cam untuk meningkatkan keselamatan jalan dan mencegah kecelakaan. Tujuh puluh tiga persen responden survei setuju bahwa jalan lebih aman dengan kamera/dash cam bertenaga AI, dan 64% mengatakan AI sangat penting untuk mencegah kecelakaan, melatih pengemudi, dan menyelamatkan nyawa.

Dash cam bertenaga AI yang akurat mendeteksi perilaku mengemudi tidak aman seperti mengirim pesan teks atau melanggar rambu berhenti. Selain itu, dash cam AI memberikan peringatan real-time kepada pengemudi dan manajer, memungkinkan mereka mengoreksi perilaku sebelum menyebabkan kecelakaan yang mahal dan berpotensi mematikan. Namun, semuanya bergantung pada akurasi. Bagaimana jika AI yang digunakan memberi peringatan tentang kejadian yang tidak pernah terjadi? Atau lebih buruk, melewatkan hal-hal penting? Ini akan menyebabkan hilangnya peluang penting untuk mencegah kecelakaan dan menyelamatkan nyawa.

Akurasi AI yang Krusial

AI yang akurat memberikan pandangan yang jelas dan andal tentang bisnis. Untuk keselamatan armada, ini memberikan visibilitas tentang apa yang terjadi di jalan, sehingga masalah kecil seperti pengemudi yang lupa mengenakan sabuk pengaman atau percepatan keras yang memengaruhi efisiensi bahan bakar dapat ditangani sebelum tumbuh menjadi masalah besar seperti kerusakan atau kecelakaan yang katastrofik. Deteksi AI yang akurat bisa menjadi perbedaan antara mencegah kecelakaan dan memungut serpihan setelahnya.

Hingga baru-baru ini, sulit bagi bisnis untuk mengevaluasi akurasi penyedia AI sebelum menerapkan solusi tersebut di seluruh bisnis mereka. Untungnya, institusi penelitian mulai melakukan studi benchmarking untuk membantu perusahaan memilih penyedia yang dapat mendukung klaim mereka. Misalnya, studi oleh Virginia Tech Transportation Institute dan Strategy Analytics menunjukkan bahwa Motive AI Dashcam berhasil memberi peringatan kepada pengemudi dan manajer tentang perilaku mengemudi yang tidak aman 3-4 kali lebih banyak dibandingkan pesaingnya.

Namun, lebih banyak yang perlu dilakukan. Bisnis harus mengambil pendekatan yang mengutamakan akurasi saat mengevaluasi vendor AI. Jika tidak, lebih banyak nyawa yang akan hilang dan biaya akan terus meroket.

Komitmen terhadap Keselamatan

Perusahaan dan organisasi terkemuka serius dalam meningkatkan keselamatan jalan. GM, Honeywell, Vision Zero Network, dan National Safety Council telah mulai bekerja menuju tujuan Zero Harm. Motive, sebuah perusahaan teknologi yang membangun solusi bertenaga AI untuk armada komersial, mengikuti jejak tersebut, berkomitmen pada Zero Harm dan Zero Preventable Accidents di jalan raya Amerika Utara. “Keselamatan jalan adalah hal yang pribadi bagi saya. Ini adalah hal yang pribadi bagi setiap pelanggan dan karyawan kami. Dan seharusnya menjadi hal yang pribadi bagi setiap orang yang berbagi jalan dengan kami,” kata Shoaib Makani, co-founder dan CEO Motive.

Masa Depan yang Lebih Aman

Dalam dunia di mana setiap detik di jalan berarti dan setiap keputusan dapat membuat perbedaan, memprioritaskan akurasi AI bukan hanya keputusan bisnis; ini adalah komitmen terhadap kesejahteraan pengemudi dan masyarakat umum. Jika Anda seorang pemimpin yang berdedikasi untuk merintis jalan yang lebih aman dan armada yang lebih aman, saatnya bertindak adalah sekarang. Tantang status quo dengan menguji solusi AI potensial Anda. Lakukan uji coba head-to-head, selami data, dan tuntut bukti keunggulan benchmarking. Jangan puas dengan janji – desak bukti nyata. Ketelitian Anda hari ini bisa menyelamatkan nyawa di jalan raya esok hari.

Jelajahi bagaimana Motive AI Platform memimpin dalam hal akurasi dan keandalan, menetapkan standar baru dalam keselamatan pengemudi dan pencegahan kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

gawoh.com – Super Air Jet telah resmi membuka rute penerbangan Lampung-Batam (PP) pada Jumat, 14 Juni. Pembukaan rute ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi warga Lampung dan Batam…

Ekonomi

Dalam dunia perbankan modern, kebutuhan akan akses cepat dan mudah terhadap uang tunai sering kali menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, teknologi perbankan terus berkembang, dan salah satu inovasi terbaru…