Berita  

Apa Itu NFT ? Pengertian dan Kegunaan NFT Dalam Kripto

Source : iStock

gawoh.comNFT atau kepanjangan dari Non Fungible Token adalah salah satu aset investasi yang masuk kedalam mata uang kripto. NFT kemunculannya membuat dunia investasi Kripto kembali banyak di bincangkan. Jika Anda Belum mengetahui apa itu NFT, mari simak beberapa penjelasannya.

Di NFT kamu bisa menjual karya yang kamu buat seperti karya seni, Musik, Game atau bahkan dokumen kamu.

NFT sendiri sudah mulai ramai dan dikenal orang pada tahun 2017 pada saat game NFT pertama kali dibuat yaitu Crypto Kitties. Di game ini pengguna dapat bermain game yang berbasis blockchain Ethereum. Anda bisa memelihara, membeli, dan menjual kucing peliharaan virtual.

NFT adalah Aset digital yang dapat menjadi wakil barang berharga dengan nilai tukar yang tidak dapat diganti. Transaksinya juga akan tercatat dalam sebuah data di Blockchain. Dan disana akan berisi informasi seputar tentang pencipta, harga dan juga histori kepemilikan aset tersebut.

Barang yang bisa Kamu jual kedalam bentuk NFT dapat bermacam macam, seperti Karya Seni Gambar, Video, Foto, atau Game, Dokumen dan banyak lainnya. Kamu bisa sangat mudah mengubah Dokumen tersebut menjadi NFT.

Jika kamu ingin menjual aset digital ke dalam nft, harga jualnya bergantung pada kualitas, kreativitas dan bahkan reputasi Kamu juga sangat berpengaruh agar aset digital yang kamu jual cepat laku dan dengan harga mahal.

Transaksi NFT sering menggunakan Kripto ETH atau Ether yang merupakan koin buatan dari Ethereum.

NFT muncul dengan format digital seperti GIF, PNG, JPEG, MP4 dan lainnya. Jika Kamu memiliki aset NFT, Kamu juga dapat menggunakan aset tersebut untuk dijual kembali atau digunakan dan bisa mencetak salah satu aset digital anda sebagai NFT.

Perlu Kamu Ketahui juga NFT tidak memiliki kesamaan dalam nilai. Masing masing aset NFT memiliki tanda tangan digital yang tidak dapat ditukar dengan NFT lain. Yang berarti satu klip NFT tidak sama dengan NFT lain.

NFT sendiri adalah aset yang sedang berkembang dalam Cryptocurrency, tetapi ternyata tujuan, bentuk dan cara penggunaannya sangat berbeda dengan aset kripto lain yang sama sama menggunakan teknologi dari Blockchain.

Aset Kripto seperti Ethereum atau Bitcoin memiliki nilai tukar yang sama dan dapat diperjual belikan. Contohnya, 1 Bitcoin dapat ditukar dengan 1 Bitcoin walaupun dengan pecahan berbeda seperti 0,5 + 0,5.

Sama seperti halnya uang fisik 100 ribu yang dapat ditukar dengan pecahan 50 ribu dan akan memiliki nilai yang sama. Dengan begitulah yang menjadikan aset kripto menjadi alat transaksi dalam blockchain yang tepercaya. Dari sini juga dapat di lihat perbedaan dari NFT dan Kripto.

NFT memiliki sifat kepemilikan yang satu atau bisa disebut dengan mutlak. Dimanapun aset tersebut dimiliki, mereka memiliki hak penuh pada aset tersebut. NFT tidak bisa dibagi menjadi denominasi seperti aset kripto lain. NFT memiliki tanda tangan atau teknologi canggih yang dapat mempermudah proses verifikasi kepemilikan aset yang dijual belikan.

Setelah Kamu sudah memahami NFT, anda juga dapat mulai langsung memperjual belikan aset NFT. Untuk melakukan hal ini, anda wajib memiliki aset kripto sesuai platform yang ingin anda gunakan. Seperti contohnya Pasar Rarible yang hanya menerima transaksi dengan menggunakan ETH dan Dolar Amerika. Berikut ini tutorial cara jual beli NFT

1. Pilih dan Buat Pasar NFT

Cara pertama yaitu pilihlah pasar NFT yang ingin kamu gunakan. Banyak sekali pasar NFT yang sudah banyak pengguna dan terkenal, masing masing pasar menawarkan keuntungan sendiri-sendiri, seperti contohnya pasar NFT terbesar di Asia yaitu Open Sea yang dapat menjual NFT tanpa biaya.

Bila Kamu sudah memilih pasar apa yang ingin digunakan untuk membeli atau menjual NFT, silahkan juga untuk menautkan dompet kripto kamu yang mendukung. Biasanya pilih opsi “Mint Of NFT” dan unggah dokumen digital yang ingin dijual. Proses ini dapat berbeda pada setiap pasar.

2. Input NFT Yang Akan Dijual

Kamu harus menginput NFT yang ingin dijual, jika sudah mencetak NFT kamu. Kamu dapat menjual NFT tersebut kedalam pasar. Jika Kamu menjual atau mentransfer kepemilikan NFT, kemungkinan akan ada biaya atau fee yang di tanggung.

Kamu Hanya tinggal menekan tombol “Jual” atau “Sell” dan ikuti perintah dalam pasar atau website yang kamu gunakan.

Berikut itulah pengertian NFT dan juga sedikit tutorial cara menjadikan aset digital sebagai NFT, semakin majunya teknologi, maka semakin banyak juga peluang untuk menghasilkan uang seperti menjual hasil karya ke dalam NFT, tetapi perlu diingat juga kalau apapun yang kamu beli atau jual yang masih berhubungan dengan kripto dapat berbahaya dan sangat tidak stabil dalam harga jual atau belinya, jadi pastikan sudah memahami resikonya.

Penulis: Vicky Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.