Apa Itu SSL ? Seberapa Penting SSL Pada Website ?

gawoh.comApa itu SSL ? Kepanjangan dari SSL sendiri adalah Secure Socket Layer, yang merupakan keamanan standar yang harus ada pada sebuah website.

SSL sendiri berfungsi untuk mengenkripsi Hubungan Antara Server dan Klien. SSL sangat penting dalam pembuatan website karena SSL berfungsi sebagai pengaman antara klien dan server dan juga keamanan standar yang wajib ada pada setiap website di jaman sekarang.

SSL sendiri dapat mempengaruhi Ranking SEO pada Google. Google akan memprioritaskan website yang memiliki SSL terlebih dahulu untuk ditampilkan pada halaman pertama pencariannya.

SSL sendiri berguna untuk mengamankan transaksi jual beli, Login admin, dan berbagai macam Transfer data yang dilakukan pada Website.

Mengapa SSL sangat Penting Untuk Website ?

Secara garis besarnya SSL diperlukan untuk menjadi pengaman koneksi antara anda (Client) dengan Server pada website tersebut. Beberapa alasan lainnya yaitu :

1. Menghindarkan dari salah kirim data

SSL berfungsi juga sebagai Authentication atau diartikan sebagai autentikasi yang memastikan anda mengirimkan informasi ke server sesuai tujuannya dan tidak mengirim informasi tersebut ke pihak ketiga atau hacker yang sedang mencuri data pada website tersebut.

2. Menghindari dari Pencurian Data

SSL juga dapat melindungi Anda dari Pencurian data di Internet, karena fungsi SSL sendiri yaitu melakukan Enkripsi pada data sensitif yang anda kirimkan ke server. Dengan begitu tidak sembarang orang yang dapat membaca isi dari enkripsi tersebut.

3. Meningkatkan Ranking SEO Website

SSL sendiri menjadi patokan penting dari Mesin Pencari seperti Google, Bing untuk menjadi standar keamanan setiap website yang di indeks pada mesin pencari tersebut. Google juga bahkan melarang penggunanya untuk mengunjungi website yang belum memiliki SSL. Maka dari itu SSL sangat penting pada ranking website anda di mesin pencari.

4. Meningkatkan Reputasi pada Website

Ketika website anda telah terpasang SSL. Biasanya Browser yang digunakan oleh Client ataupun pengunjung anda akan memberikan notifikasi hijau atau Icon Gembok terkunci yang berarti website anda aman dan terdapat SSL yang dapat menjamin keamanan data pada Client tersebut.

Hal ini juga dapat meningkatkan reputasi website anda karena pengunjung tidak ragu untuk mengakses website anda. Ini sangat penting jika anda membuat website jual beli online.

5. Mematuhi Aturan Transaksi Jual Beli di Internet

Jika website anda adalah Web E-Commerce dan mempunyai metode pembayaran kartu kredit, SSL menjadi sangat penting untuk anda gunakan, karena ada aturan yang bernama Payment Card Industry Data Security Standard yang mengharuskan website anda menggunakan SSL. Dan jika website anda tidak menggunakan SSL dan ternyata ada kebocoran data, maka anda harus membayar denda mencapai $500000!

Cara kerja SSL

Cara Kerja SSL secara standar adalah mengunci cryptographic key ke informasi perusahaan yang akan diidentifikasi. Data data yang di transfer dari client ke server ataupun dari server ke client akan terkunci sehingga hacker ataupun pihak ketiga tidak dapat mencuri data tersebut.

Tidak hanya itu private key dan public key juga memiliki session key yang selalu berbeda setiap sesi keamanan.

Pada saat anda membuka suatu website dengan mengetikkan alamat URL nya yang telah dilindungi dengan SSL, maka browser dan web server akan membuat koneksi. Selama koneksi ini, Public key dan Private Key akan digunakan untuk membuat session Key yang kemudian mengenkripsi data yang di transfer dan di deskripsi saat transfer sukses, session key juga akan tetap valid selama beberapa waktu dan hanya digunakan pada sesi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *