Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit Bayi

gawoh.com – Ada banyak hal yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi ketika mengenakan popok, hal itu bisa disebabkan oleh faktor eksternal dari popok itu sendiri maupun disebabkan oleh masalah kulit pada bayi Anda.

Jika Anda memiliki bayi, yang kerap mengalami iritasi ketika menggunakan popok. Sebaiknya telitilah untuk menemukan apa masalah yang menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi dan bagaimana cara mengatasi iritasi pada popok bayi. Biasanya faktor-faktor iritasi saat menggunakan popok disebabkan oleh hal-hal berikut :

1. Pemakaian Popok yang terlalu Ketat

Seringkali kita membeli popok tidak sesuai dengan ukuran badan bayi, sehingga menyebabkan bayi tidak nyaman, entah itu terlalu besar atau pun terlalu ketat.

Yang menjadi masalah biasanya penggunaan popok yang terlalu ketat, sering membuat kulit bayi mudah menjadi lecet, atau pun iritasi

2. Terjadi Karena adanya Infeksi Bakteri

Area bokong, hingga maupun alat kelamin sangat rentan di hinggapi berbagai bakteri dan jamur. Apalagi jika kondisi kulit dalam keadaan lembab. Untuk itu Anda harus terus memastikan popok yang digunakan dalam keadaan bersih, dan kawasan kulit bayi baik bokong hingga pahanya dalam keadaan kering dan bersih.

Masalah ini juga biasanya disebabkan oleh penggunaan popok yang lembab, entah itu ketika bayi kencing dan popok lama diganti maupun masalah lainnya.

3. Kulit Sensitif Bayi

Memiliki kulit yang lembut dan tipis, seringkali membuat bayi rentan akan masalah kulit. Sehingga perlu adanya kehati-hatian saat memakaikan popok pada si kecil. Pastikan popok dalam keadaan steril dan bahan yang digunakan bebas alergenik.

Cara mengatasi iritasi pada popok bayi

Setelah mengetahui alasan-alasan mengapa sering terjadinya iritasi pada kulit bayi ketika menggunakan popok. Sekarang kita akan mengatasi iritasi pada popok bayi tersebut dengan langkah-langkah  berikut :

Pertama, tata cara mengatasi iritasi pada popok bayi yang pertama cucilah tangan Anda sebelum memegang kulit bayi ataupun mengganti popok pada bayi

Kedua, jangan tunggu lama! Langsung ganti popok bayi, ketika si kecil buang air besar maupun buang air kecil. Agar tidak ada kuman maupun bakteri yang bertahan di kulit bayi.

Ketiga, Anda bisa membersihkan area bokong,paha dan tempat terkena popok dengan air bersih, tisu basah hingga sabun bayi agar kulit bayi menjadi steril dan terus bersih.

Keempat, Ketika mengeringkan area kulit yang berada di dalam popok gunakanlah kain atau tisu yang berbahan lembut sehingga nyaman bagi kulit.

Kelima, jika kulit bayi sensitif Anda bisa mengoleskan pelembab maupun krim yang dapat mencegah ruam  dan iritasi pada kulit bayi. Kemudian pastikan memakai popok yang bersih lagi pada bayi Anda.

Namun bagi bayi yang sudah memiliki iritasi pada kulitnya akibat popok. Anda bisa melakukan hal-hal berikut :

Pertama, pergi ke dokter yang ahli kulit jika ruam kulit berlangsung secara parah dan dapatkan rekomendasi serta obat-obatan terbaik.

Kedua, biasakan Untuk menghentikan pemakaian popok terlebih dahulu untuk meminimalisir ruam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Ketiga, ganti size popok ke yang lebih besar jika popok yang semula dipakai terasa ketat dan menimbulkan masalah pada kulit bayi.

Itu dia cara mengatasi iritasi pada popok bayi yang bisa Anda praktekkan di rumah, baik untuk mencegah kulit bayi iritasi maupun untuk memperbaiki kulit yang telah iritasi akibat pemakaian popok bayi.

Ingat! Jika iritasi makin parah jangan ragu untuk menghubungi dokter setempat dan berkonsultasi supaya bayi bisa sembuh dengan cepat. Beli juga popok-popok yang telah berstandar  instansi kesehatan sehingga terjamin keamanan dan kenyamanan pada buah hati tersayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *