Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi 24 Juni Hari Jumat

gawoh.com Fenomena Planet Sejajar akan terjadi pada 24 juni 2022 pada hari Jumat. Fenomena ini sendiri adalah kejadian langka.

Menurut Situs Space, Fenomena Planet Sejajar terakhir terjadi pada 5 Maret 1864. yang dimana kelima planet akan muncul dalam urutan yang sama di langit pada orbitnya masing-masing mengelilingi matahari.

nantinya kelima planet akan sejajar secara berurutan, dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Pemandangan ini tidak akan terjadi lagi selama 20 tahun. tetapi, untuk bisa melihat kelima planet sejajar secara langsung jarang terjadi.

biasanya kita hanya bisa melihat deretan dua atau tiga planet saja.

“Meskipun melihat dua atau tiga planet berdekatan (yang dikenal sebagai konjungsi) adalah kejadian yang agak umum, melihat lima agak lebih jarang,” Tulis majalah Sky and Telescope, pada Selasa 21 Juni 2022.

Dr Greg Brown, Petugas Astronomi publik di Royal Museums Greenwich mengatakan, planet yang sangat mudah dilihat yaitu Venus dan Jupiter. Venus diatas cakrawala sekitar pukul 4 pagi dan Jupiter sekitar pukul 2.40 pagi waktu setempat.

“Satu-satunya kesempatan Anda untuk melihat kelima planet pada saat yang sama adalah sebelum matahari terbit,” Ujar Brown, Pada Selasa 21 Juni 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.