Scrool Untuk Membaca
BeritaPendidikan

SNMPTN 2022 Sudah Diumumkan, Langkah Selanjutnya Jika Lulus

1266
×

SNMPTN 2022 Sudah Diumumkan, Langkah Selanjutnya Jika Lulus

Sebarkan artikel ini

gawoh.com – Pengumuman SNMPTN 2022 sudah Diumumkan dan bisa di akses pada 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB. Tetapi jika sisa yang lulus ingin mengikuti SBMPTN maka akan otomatis tidak akan bisa masuk seleksi SBMPTN 2022.

“Siswa yang telah lulus SNMPTN, secara sistem di-setting tidak dapat mengikuti tes UTBK sehingga siswa tersebut tidak akan lulus di SBMPTN yang seleksinya berdasarkan hasil nilai UTBK. Beberapa PT (perguruan tinggi) kedinasan bekerjasama dengan LTMPT untuk menggunakan nilai UTBK sebagai seleksi mahasiswa baru sehingga siswa tersebut tidak memiliki nilai UTBK, yang artinya tidak akan lulus masuk seleksi,” Kata Ketua LTMPT Mochamad Ashari.

3 Langkah yang harus dilakukan jika sudah lulus SNMPTN 2022

1. Verifikasi Data Ke PTN Untuk Yang Tidak Memiliki KIP Kuliah

Bagi siswa yang lulus SNMPTN 2022 akan benar benar diterima sebagai mahasiswa jika Perguruan Tinggi Negeri tempat tujuan sudah melakukan verifikasi data akademik dari raport ataupun portofolio.

“Ada kewajiban untuk verifikasi rapor asli, portofolio, dan seterusnya yang sudah diunggah, betul (atau) tidak,” Kata Ashari dalam Konferensi Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNMPTN 2022 pada Selasa 29 Maret 2022

2. Verifikasi Data Siswa Untuk Yang Memiliki KIP Kuliah

Khusus Pemegang KIP Kuliah, PTN tujuan bisa Verifikasi data ekonomi dan melakukan kunjungan ke tempat tinggal pemegang KIP sebelum menetapkan status penerimaan.

“Jadi dilakukan kunjungan karena pada saat mendaftar kemarin diminta untuk memfoto rumahnya, macam-macam supaya subsidi ini tepat sasaran,” Kata Ashari.

3. Daftar Ulang

bagi Siswa yang lulus SNMPTN 2022 maka wajib untuk melakukan daftar ulang, Informasinya bisa dilihat dari PTN yang menerima. Pada penerimaa tahun lalu, Ketua LTMPT 2021 Mohammad Nasih memberikan informasi yang sama.

“Daftar ulang peserta yang lolos mengikuti ketentuan di perguruan tinggi untuk waktu, syarat, proses, dan biayanya. Karenanya kita tidak mungkin mengumumkan, bagi yang berkepentingan silahkan melihat di laman penerima masing-masing,” Kata Nasih dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil SNMPTN 2021.

Bagi siswa yang diterima tapi tidak melakukan daftar ulang, maka asal sekolah akan mendapatkan konsekuensi.

“Kalau kaitan dengan sekolah, (konsekuensinya dengan) masing-masing perguruan tinggi ya. Nanti dilihat, ‘ini kok diterima di jalur SNMPTN kok banyak tidak daftar ulang’, mungkin perguruan tingginya (akan) menyurati sekolah. Atau mungkin ‘sekolah tahun ini ya dikurangi saja (kuotanya) karena daftar ulangnya tidak banyak.’ Itu wewenang masing-masing perguruan tinggi,” Kata Direktur Eksekutif LTMPT Budi P. Widyobroto dalam siaran virtual SMB: Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bersama LTMPT melalui kanal YouTube Kemendikbud RI 03 Februari 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

gawoh.com – Super Air Jet telah resmi membuka rute penerbangan Lampung-Batam (PP) pada Jumat, 14 Juni. Pembukaan rute ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi warga Lampung dan Batam…

Pendidikan

MgSO4, atau magnesium sulfat, adalah sebuah senyawa kimia yang terdiri dari magnesium dan sulfat. Senyawa ini memiliki rumus kimia MgSO4 dan berfungsi sebagai garam yang terbuat dari kation magnesium (Mg2+)…