Berita  

5 Hektare Sawah di Palabuhanratu Gagal Panen Tertimbun Longsor

gawoh.com – Sekitar 5 hektare areal padi di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang siap panen, Sabtu, tertimbun tanah longsor akibat hujan deras yang turun hampir sepanjang hari.

“Kami telah mengadakan pemantauan langsung ke lokasi, musibah tanah longsor ini akibat lahan pertanian yang terletak di atasnya labil ditambah hujan deras yang turun hampir sepanjang hari dan akhirnya longsor dan akibatnya 5 hektare lahan sawah yang ditanami padi siap panen di Kampung Babakanbungur, Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu ini tertimbun longsor,” kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan(P2BK) Palabuhanratu Ujang Nuryaman di Sukabumi, pada 26 Maret 2022.

Bagi Ujang, untuk kerugian masih dalam perhitungan tetapi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah serta ditentukan cuma sebagian kecil tumbuhan padi siap panen yang dapat diselamatkan. Selain menutup lahan sawah siap panen, longsor ini pula menutup akses jalur penghubung antara Kecamatan Palabuhanratu mengarah Cikakak ataupun sebaliknya.

Apalagi, tebalnya material tanah yang menutup akses jalur tersebut untuk membersihkannya harus memakai alat berat.

”Kami telah berkoordinasi dengan dinas terkait buat segera mengirimkan alat berat sebab sampai saat ini akses jalan Palabuhanratu-Cikakak belum dapat dilalui orang ataupun kendaraan,” tambahnya.

Akibat lain dari musibah tanah longsor ini, satu desa di Kecamatan Cikakak jadi kesusahan memperoleh air sebab saluran airnya turut tertimbun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.