Scrool Untuk Membaca
BeritaPolitik

Amerika Membekukan Aset Bank Sentral Rusia yang Dipegang oleh Orang Amerika

1591
×

Amerika Membekukan Aset Bank Sentral Rusia yang Dipegang oleh Orang Amerika

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi(sc:pexels)

gawoh.comAmerika mengatakan bahwa mereka memblokir transaksi keuangan dari aset bank sentral Rusia , yang secara efektif membekukan aset apa pun yang dipegang oleh orang Amerika.

Pembekuan itu dilakukan segera, kata seorang pejabat pemerintah dalam sebuah pengarahan kepada wartawan pada hari Senin 28 Februari. Pejabat itu mengatakan bahwa tindakan AS dalam hubungannya dan kerjasama dengan Uni Eropa, Jepang, Inggris, Kanada, dan lain-lain. Ini berarti bahwa Rusia tidak dapat mengakses dana dalam dolar AS dan juga mereka tidak akan dapat menggunakan dolar di negara lain juga untuk kegiatan penukaran uang.

Dengan membuat langkah tersebut akan efektif segera, sebelum pasar dibuka, pejabat tersebut mengatakan kalau Rusia tidak akan dapat memindahkan aset untuk menghindari atau mengurangi konsekuensinya.

“Strategi kami,” kata pejabat itu, “adalah memastikan bahwa ekonomi Rusia mundur selama Presiden Putin memutuskan untuk maju dengan kampanyenya.”

Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan para penasihat ekonomi mengenai sanksi global yang menghantam negaranya, menyebut Barat sebagai “kerajaan kebohongan” Di antara mereka yang hadir pada pertemuan Kremlin tersebut adalah Gubernur Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina, Wakil Perdana Menteri Pertama Andrei Belousov, Wakil Perdana Menteri Alexander Novak dan Menteri Keuangan Anton Siluanov.

Efek yang dimaksudkan, pejabat itu menambahkan, adalah melumpuhkan ekonomi Rusia dan menghabiskan “dana hari hujan” negara itu karena mata uang mereka, rubel, merosot nilainya. Dana hari hujan itu dibangun untuk mempertahankan diri dari konsekuensi ekonomi ketika Rusia menginvasi Krimea pada tahun 2014.

Menurut Kantor Pengawasan Aset Asing Departemen Keuangan (OFAC), ini bukan blok lengkap dan total dari bank sentral, karena OFAC mengesahkan transaksi tertentu dengan bank sentral Rusia yang “terkait energi” dan bahwa otorisasi tambahan dapat diikuti jika perlu.

Departemen Keuangan juga mengumumkan bahwa mereka memblokir Dana Investasi Langsung Rusia.

Departemen Treasure juga mengatakan bahwa mereka memberi sanksi kepada CEO Dana Investasi Langsung Rusia Kirill Dmitriev, teman dekat Putin yang telah menjabat sebagai wakilnya untuk lembaga-lembaga di Amerika.

“Tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang kami ambil hari ini akan secara signifikan membatasi kemampuan Rusia menggunakan aset untuk membiayai kegiatannya yang tidak stabil, dan menargetkan dana yang bergantung pada Presiden Rusia Vladimir Putin dan lingkaran dalamnya untuk memungkinkan invasinya ke Ukraina,” Tutur Menteri Keuangan Janet Yellen dalam sebuah Tanya Jawab. ” Hari ini Senin 28 Februari dalam koordinasi dengan mitra dan sekutu, kami telah menindaklanjuti komitmen utama untuk membatasi akses Rusia ke sumber daya ini”

Amerika Serikat dan sekutunya juga siap untuk memblokir lembaga keuangan Rusia tertentu dari sistem keuangan internasional SWIFT, yang secara efektif memutuskan mereka dari dunia.

Pejabat senior administrasi mengatakan Senin pagi bahwa daftar bank Rusia yang akan dipotong dari SWIFT akan diselesaikan oleh Uni Eropa, karena SWIFT berada di bawah otoritas Belgia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

gawoh.com – Super Air Jet telah resmi membuka rute penerbangan Lampung-Batam (PP) pada Jumat, 14 Juni. Pembukaan rute ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi warga Lampung dan Batam…

Berita

Dalam era digital ini, mencari informasi seputaran lowongan kerja telah menjadi lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Bagi para pencari kerja di Aceh, mendapatkan info loker di Aceh dapat dilakukan dengan…