Biden mengumumkan larangan pesawat Rusia ke wilayah udara Amerika

ilustrasi pesawat(sc:pexels)

gawoh.com – Presiden Biden mengumumkan bahwa melarang semua pesawat Rusia dari wilayah udara Amerika selama pidato kenegaraan di State of the Union pada Selasa malam. 

“Kami akan bergabung dengan sekutu kami untuk menutup seluruh wilayah udara Amerika untuk semua penerbangan Rusia, ini akan semakin mengisolasi Rusia dan menambahkan tekanan tambahan kepada ekonomi mereka,” tutur Biden di State of the union yang kemudian disambut tepuk tangan dari anggota parlemen yang sedang berkumpul.  

Perintah itu akan “menangguhkan operasi semua pesawat yang dimiliki, disertifikasi, dioperasikan, terdaftar, disewa, disewakan, atau dikendalikan oleh, untuk, atau untuk kepentingan, seseorang yang merupakan warga negara Rusia,” kata FAA. 

Langkah itu dilakukan setelah Eropa dan Kanada menutup wilayah udara mereka untuk maskapai penerbangan Rusia selama akhir pekan sebagai bagian dari perluasan sanksi yang dikenakan pada negara itu setelah invasinya ke Ukraina . 

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Uni Eropa melarang semua maskapai penerbangan Rusia serta “jet pribadi oligarki.”

“Tidak ada ruang di wilayah udara Belanda untuk rezim yang menerapkan kekerasan yang tidak perlu dan brutal,” kata Menteri Infrastruktur Belanda Mark Harbers di Twitter, Sabtu.

Menteri Transportasi Kanada Omar Alghabra mengatakan Sabtu bahwa larangan itu diberlakukan untuk “meminta pertanggungjawaban Rusia atas serangan-serangannya yang tidak beralasan terhadap Ukraina.” 

Menanggapi sanksi, Rusia mengumumkan bahwa mereka melarang pesawat dari 36 negara, termasuk semua Uni Eropa, memasuki wilayah udara mereka. 

American Airlines, Delta Airlines, United Airlines, dan lainnya telah mengumumkan bahwa mereka sementara telah menangguhkan penerbangan ke wilayah udara Rusia. 

Delta juga mengatakan akan mengakhiri layanan berbagi kode dengan maskapai penerbangan Rusia Aeroflot, yang memungkinkan pelanggan memesan penerbangan di kedua maskapai. 

Larangan pesawat Rusia menambah daftar sanksi yang melumpuhkan dan mengancam untuk mengisolasi Rusia secara ekonomi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.