Scrool Untuk Membaca
Kesehatan

Bolehkah Keramas Pada Malam Hari ? Berikut Manfaat dan Dampaknya

1169
×

Bolehkah Keramas Pada Malam Hari ? Berikut Manfaat dan Dampaknya

Sebarkan artikel ini

gawoh.com – Keramas merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan di pagi atau siang hari. Namun, ada juga yang memilih untuk melakukan keramas di malam hari. Apa sebenarnya maksud dari keramas malam hari? Apa manfaatnya bagi rambut kita? Dan bagaimana cara melakukannya dengan benar? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Maksud dari Keramas Malam Hari

Maksud dari keramas malam hari adalah untuk membersihkan rambut sebelum tidur. Sebab, rambut kita juga bisa kotor dan berminyak di malam hari meskipun kita tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Selain itu, rambut yang bersih dan segar akan memberikan efek yang baik bagi tidur kita. Kita dapat merasa lebih nyaman dan rileks saat beristirahat.

Manfaat Keramas Malam Hari

Keramas malam hari dapat memberikan beberapa manfaat untuk rambut kita. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Dengan keramas malam hari, kita dapat membersihkan rambut dari debu dan kotoran yang menempel pada rambut sepanjang hari. Selain itu, kita juga dapat membersihkan minyak berlebih pada rambut kita sehingga rambut kita terjaga kebersihannya dan terhindar dari ketombe.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Rambut yang sehat akan tumbuh dengan baik. Dengan membersihkan rambut sebelum tidur, rambut akan terjaga kebersihannya dan akan memberikan efek baik bagi pertumbuhan rambut kita.

3. Mengurangi Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi akibat dari kotoran, minyak berlebih, dan ketombe yang menempel pada kulit kepala. Dengan keramas malam hari, kita dapat membersihkan kotoran dan minyak pada rambut sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut.

4. Memberikan Efek Rileks

Keramas malam hari juga dapat memberikan efek rileks bagi tubuh kita. Kita dapat merasa lebih santai dan nyaman saat rambut kita bersih dan segar.

Cara Melakukan Keramas Malam Hari

Berikut adalah cara yang dapat kita lakukan saat ingin melakukan keramas malam hari:

  • Siapkan air yang hangat dan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut kita.
  • Basahi rambut kita dengan air yang hangat.
  • Tuangkan shampoo pada telapak tangan, lalu gosokkan pada kulit kepala secara perlahan.
  • Pijat kulit kepala secara lembut dengan jari-jari kita selama beberapa menit.
  • Bilas rambut kita dengan air hangat hingga bersih dari sisa-sisa shampoo.
  • Gunakan conditioner jika diperlukan, lalu bilas dengan air hangat.
  • Keringkan rambut kita dengan handuk hingga rambut tidak terlalu basah. Hindari mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar karena dapat merusak rambut kita.

Dampak Negatif dari Keramas Malam Hari

Meskipun keramas malam hari dapat memberikan beberapa manfaat bagi rambut kita, namun terdapat juga dampak negatif yang perlu kita ketahui. Berikut adalah beberapa dampak negatifnya:

1. Kondisi Kulit Kepala yang Buruk

Mandi di malam hari dapat membuat kulit kepala kita menjadi lembap dan lembab. Hal ini dapat memicu timbulnya berbagai jenis infeksi kulit kepala seperti jamur, eczema, dan psoriasis.

2. Merusak Struktur Rambut

Keramas terlalu sering atau menggunakan shampoo yang tidak tepat dapat merusak struktur rambut kita. Hal ini dapat memicu timbulnya kerusakan pada kutikula rambut sehingga rambut menjadi kering, pecah-pecah, dan mudah patah.

3. Mengganggu Kualitas Tidur

Meskipun keramas malam hari dapat memberikan efek rileks, namun bagi beberapa orang dapat mengganggu kualitas tidur. Hal ini dikarenakan rambut yang basah dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bantal atau selimut dan dapat memicu rasa dingin atau sakit kepala.

4. Menimbulkan Ketombe

Ketombe dapat timbul akibat dari penggunaan shampoo yang tidak tepat atau kurang efektif dalam membersihkan kulit kepala. Keramas malam hari yang dilakukan terlalu sering juga dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan gatal sehingga memicu timbulnya ketombe.

5. Mengganggu Produksi Minyak Alami Rambut

Keramas malam hari dapat mengganggu produksi minyak alami pada rambut kita. Hal ini dapat memicu kulit kepala menjadi kering dan memicu produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala sebagai respons terhadap kulit kepala yang kering. Akibatnya, rambut kita menjadi kusam, kering, dan mudah rontok.

Meskipun keramas malam hari memiliki beberapa dampak negatif, namun kita masih dapat melakukan keramas pada waktu yang tepat dan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis rambut kita. Hindari keramas terlalu sering dan pastikan untuk mengeringkan rambut secara perlahan dan dengan cara yang benar untuk menghindari kerusakan pada rambut kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *