Cara Menjaga Kesehatan Kaki

gawoh.com – Menjaga Kesehatan Kaki sangat penting untuk kita perhatikan, karena kesehatan kaki akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Menjaga kesehatan kaki tidaklah susah, banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan kaki anda. Kesehatan kaki juga sangat penting karena kaki yang berpengaruh besar untuk menopang tubuh agar bisa berjalan dan dapat berdiri. Tentu saja fungsi kaki ini menjadi sangat vital untuk kehidupan manusia. Sehingga kamu sangat dianjurkan untuk menjaga kaki agar tetap sehat. Agar anda dapat beraktivitas dengan nyaman.

Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan kaki

Jika anda tidak menjaga kesehatan kaki dengan baik, mungkin kamu akan mengalami permasalahan kesehatan seperti kaki pecah pecah, munculnya kutil pada kaki, infeksi jamur pada kuku kaki, cantengan pada kaki, dan juga kulit pada kaki kering sehingga dapat menyebabkan luka luka. Memanglah beberapa dari gangguan kesehatan diatas masih terlihat sepele dan dianggap biasa saja, padahal jika terus dibiarkan dan tidak mendapatkan perawatan pada kaki yang terinfeksi, kesehatan tubuh anda akan sangat berpengaruh terutama dalam kenyamanan pada saat beraktivitas, dan akan mengganggu aktivitas anda setiap hari. Maka dari itu untuk mengurangi resiko atas bahaya nya, kamu harus menjaga kesehatan kaki mulai dari sekarang yaitu dengan menerapkan beberapa saran berikut ini :

1. Memijat Kaki

Memijat Kaki sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan kaki, jika anda sudah beraktivitas sangat lama diluar rumah, tentu kaki anda sangat butuh beristirahat agar tidak cedera. Memijat kaki mungkin terkesan sepele, tetapi ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan dapat mengurangi ketegangan pada oto kaki karena lama berjalan. Anda dapat melakukan pijat kaki ini sendiri di rumah ataupun bisa menyewa jasa bantuan dari tenaga ahli seperti pijat refleksi. Ingin memanjakan diri tapi tetap membawa dampak positif bagi kesehatan? Memijat kaki dapat menjadi salah satu jawabannya. Meskipun terkesan sepele, pijatan pada kaki bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan otot kaki. Anda bisa melakukan pijat kaki di rumah, ataupun menggunakan bantuan tenaga ahli, seperti pijat refleksi. Kamu bisa melakukan pijat kaki sendiri di rumah menggunakan minyak esensial atau losion favoritmu. Kamu juga bisa memilih minyak esensial dengan aroma yang disukai, karena aroma dari minyak esensial juga bisa membantu meredakan stres.

2. Memberikan Pelembab Pada Kaki

Ketika kaki anda sudah dibersihkan dan sudah kering, maka berikanlah pelembap pada kaki atau bisa memakai lotion kaki. Hal ini diperlukan karena agar membuat kaki kelembapannya tetap terjaga. Dan jika kaki anda pecah-pecah maka gunakan lah pelembap yang memiliki kandungan petroleum jelly, atau anda dapat konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

3. Memotong Kuku Secara Teratur

Memotong kuku sangat penting untuk menjaga kesehatan pada kaki. Jika anda teratur memotong kaki dan merawat kuku dengan benar, maka anda akan terhindar dari penyakit pada kuku kaki karena jika dibiarkan panjang dan tidak dipotong maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan kaki anda. Cara memotong kuku tidak sulit, anda hanya harus memotong kuku secara teratur jika kuku kaki sudah mulai memanjang dan tidak nyaman. Dan juga hindari memotong kuku terlalu dalam karena ini dapat membuat anda terkena cantengan.

4. Menggunakan Alas kaki atau Sepatu yang nyaman

Menggunakan alas kaki sangat dianjurkan untuk menjaga kaki anda dari cedera. Menggunakan sepatu ataupun sandal yang sesuai dengan ukuran kaki anda dapat menjaga kesehatan peredaran darah pada kaki tetap lancar. Maka dari itu disarankan anda untuk membeli sepatu pada sore hari, karena di sore hari ukuran kaki anda akan cenderung lebih besar dari biasanya, sehingga anda dapat membeli sepatu atau sendal yang sesuai dengan ukuran kaki anda dan nyaman dipakai setiap hari. Dan untuk menghindari penyakit kaki seperti iritasi pada kulit di kaki, pastikan juga anda membeli atau memilih sepatu yang memiliki sol yang lembut dan tebal, dan juga pakailah kaos kaki dan rutin mengganti kaos kaki untuk menghindari infeksi pada kaki anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.