Scrool Untuk Membaca
BeritaPendidikan

Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Besok, Berikut Penjelasan, Jadwal dan Lokasinya

816
×

Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Besok, Berikut Penjelasan, Jadwal dan Lokasinya

Sebarkan artikel ini
Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Besok, Berikut Penjelasan, Jadwal dan Lokasinya
Gerhana Bulan Total Akan Terjadi Besok, Berikut Penjelasan, Jadwal dan Lokasinya

gawoh.comGerhana Bulan adalah Fenomena antariksa yang menarik untuk diperhatikan. Pada tahun ini akan terjadi pada Mei 2022, beberapa wilayah akan dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan total.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional yang kini menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional mengatakan, Gerhana Bulan total akan berlangsung pada 15-16 Mei 2022. lalu seperti apakah fenomena ini? berikut ini penjelasannya.

A. Pengertian dan Proses Gerhana Bulan Total

dilansir dari laman Edukasi Sains Antariksa, gerhana bulan total yaitu fenomena astronomis ketika bulan, bumi dan matahari berada pada satu garis lurus dan seluruh permukaan bulan masuk ke dalam bayangan inti/umbra bumi.

Proses gerhana bulan terjadi diawali dengan posisi bulan sedang berada di sisi berlawanan dengan sisi bumi yang mengalami siang hari. setelah itu sinar matahari akan menempuh lintasan yang lebih panjang dibanding dari sisi bumi yang sedang terjadi siang hari.

Lalu, sinar matahari yang sampai ke bulan akan dibiaskan ke panjang gelombang yang lebih panjang dalam spektrum cahaya tampak yaitu spektrum merah. Gerhana bulan total akan cenderung berwarna kemerahan yang disebabkan oleh pembiasan Rayleigh.

Kejadian ini yaitu pembiasan sinar matahari secara selektif oleh atmosfer bumi. Gerhana bulan total dapat berwarna jingga kemerahan jika terdapat debu dan kualitas udara yang buruk pada lokasi pengamatan.

B. Jadwal Terjadinya Gerhana Bulan Total 2022

LAPAN mengkonfirmasi bahwa peristiwa gerhana bulan 2022 akan mencapai puncaknya pada tanggal 15 Mei 2022. Sebagian wilayah di dunia akan mengalaminya tepat waktu, tetapi yang lainnya akan lebih cepat.

“Gerhana ini puncaknya akan terjadi pada 16 Mei 2022 pukul 04.11.33 UT atau 11.11.33 WIB. Bagi beberapa wilayah di benua Amerika, puncak gerhana kali ini terjadi pada 15 Mei 2022,” tulis laman tersebut pada Minggu 15 Mei 2022.

Peristiwa gerhana bulan total tidak dapat dilihat langsung di indonesia karena bulan sudah berada di bawah ufuk. Gerhana bulan 2022 juga bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2566 yaitu pada pukul 11.14.10 WIB/12.14.10 WITA/13.14.10 WIT.

C. Lokasi yang Dapat Melihat Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total 2022 dapat disaksikan langsung di wilayah-wilayah berikut ini:

1. Benua Amerika

2. Benua Eropa

3. Sebagian besar Oseania.

4. Timur Tengah (kecuali Iran bagian Timur)

5. Selandia Baru

6. Benua Afrika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Dalam era digital ini, mencari informasi seputaran lowongan kerja telah menjadi lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Bagi para pencari kerja di Aceh, mendapatkan info loker di Aceh dapat dilakukan dengan…

Berita

Gawoh.com – Jakarta, 24 November 2023 – Malam ini, Jakarta International Stadium menjadi saksi ketegangan antara dua kekuatan besar sepak bola junior, Brasil dan Argentina, dalam pertandingan perempatfinal Piala Dunia…

Agama

Dalam menjalani kehidupan, akhlak terpuji menjadi fondasi utama dalam membentuk kepribadian dan hubungan yang baik dengan sesama. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 contoh akhlak terpuji yang dapat menjadi…