Kelebihan dan Kekurangan Windows 11

gawoh.com – Windows 11 telah dirilis oleh Microsoft sebagai windows terbaru dari pendahulunya yaitu Windows 10.

Windows 11 sendiri telah diperkenalkan pada Oktober 2021 tahun kemarin, Microsoft kembali merilis Sistem operasi terbaru mereka untuk Laptop dan Dekstop Komputer.

Sebagai Sistem operasi dengan pemakai yang bisa dibilang terbanyak didunia, maka tidak heran banyak orang yang penasaran dengan windows 11 keluaran terbaru dari microsoft ini.

Dan tentunya juga banyak yang bertanya tanya fitur terbaru, perubahan dan pengalaman baru apa yang dibawakan di Windows 11 ini.

Menurut informasi yang beredar, windows 11 sendiri membawakan fitur fitur dan segi design yang dibilang canggih dan membawa tampilan yang lebih baru dan fresh.

Microsoft sendiri telah menjanjikan pengalaman yang baik untuk pengguna Windows pada peluncuruan Sistem Operasi tersebut.

Microsoft juga mengklaim bahwa beberapa kelebihan windows 11 dapat meningkatkan peminat pada pengguna Sistem operasi terbaru ini.

Jika anda ingin melakukan upgrade ke sistem operasi windows 11 ini, maka laptop dan komputer anda harus mendukung dan memiliki spesifikasi yang direkomendasikan oleh microsoft.

Kelebihan Windows 11

1. Tampilan pada menu setting yang lebih sederhana

Tampilan menu pada setting telah di sederhanakan pada windows 11 ini. Pengguna akan lebih mudah untuk melakukan beberapa perubahan pada setting dengan mudah.

2. Mengusung desain tampilan baru

Pada windows 11, tampilan dekstop menjadi lebih fresh dibandingkan dengan windows versi sebelumnya. Tombol start menu juga yang sebelumnya berada pada sebelah kiri layar berubah pada sisi tengah layar. Dan juga untuk animasi pada dekstop lebih baik dan terasa lebih canggih.

Untuk desain icon iconnya juga terlihat lebih halus, modern dan transparan. Tampilan terbaru ini tampak seperti minimalis sehingga dapat lebih mudah dalam pengoperasian windows 11 ini.

3. Membawakan Fitur Direct Storage

Fitur ini berfungsi untuk memaksimalkan kecepatan pada SSD NVMe. Dengan adanya fitur ini maka komputer anda akan terasa lebih cepat dalam pengoperasian seperti loading akan lebih cepat pada game dan FPS pada game juga akan lebih lancar.

4. Fitur Snap Layout

Snap Layout sendiri yaitu untuk memberikan kemudahan pada pengguna untuk melakukan multitasking. Dengan adanya fitur ini maka pengguna tidak perlu repot untuk mengatur tata letak pada layar secara manual. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengatur tampilan layar terbelah menjadi beberapa bagian tergantung aplikasi apa saja yang ingin anda gunakan secara bersamaan.

5. Peningkatan pada Keamanan

Keamanan memang sangat penting pada setiap teknologi yang ada. Microsoft menjanjikan peningkatan pada keamanan sistem operasi pada Windows 11. Komputer anda akan lebih aman pada serangan Malware ataupun peretas. Untuk mendapatkan fitur ini, maka syarat minimum yaitu perangkat harus TPM 2.0

6. Auto HDR Mode

Fitur HD mode berguna untuk anda para gamers ketika menggunakan monitor HDR, Karena dengan adanya fitur auto HDR mode ini maka tampilan dalam game akan menjadi realistis, enak dipandang, terlihat modern dan elegan.

Kekurangan Windows 11

1. Search menu yang terpisah

Pada windows 11 search menu kini diletakkan terpisah. Pada windows 10 sebelumnya, menu pencarian akan tersedia dalam opsi menu start. Anda bisa mencari berbagai aplikasi ataupun dokumen dengan mengetikkan judulnya di kotak pencarian tersebut.

Sementara pada windows 11, search menu dipisah pada menu start. Kini kamu harus mencari aplikasi atau dokumen harus mengeklik ikon pencarian yang ada pada taskbar.

2. Tidak mendukung perangkat dengan spesifikasi lama

Pada windows 11 kamu diharuskan memiliki komputer atau laptop dengan perangkat yang lebih baru. Kamu tidak bisa memiliki sistem operasi windows 11 jika spesifikasi komputer kamu masih versi lama. Berikut ini rekomendasi spesifikasi minimal pada sistem operasi Windows 11 yaitu :

  • Ram 4 GB
  • TPM versi 2.0
  • Processor yang memiliki minimal kecepatan 1 GHz  dengan 2 core atau lebih pada procesor 64-bit
  • Ruang penyimpanan minimal 64gb

3. Boot akan memakan waktu lebih lama

Boot ketika anda menghidupkan komputer akan terasa lebih lama dari windows 10 sekitar 2-4 detik lebih lama. Dengan begitu booting pada windows 11 dikatakan lebih lama dari windows 10.

4. Update Windows akan memakan waktu cukup lama

Proses pembaruan Sistem operasi pada windows memang membutuhkan waktu cukup lama hingga sampai selesai. Hal ini karena pembaruan sistem operasi terjadi sekaligus pada pembaruan perangkat lunak yang ada pada perangkat. Maka dari itu jika anda ingin melakukan update pada sistem operasi disarankan untuk dilakukan pada malam hari atau pada saat komputer tidak digunakan.

5. Menghapus Aplikasi sedikit rumit

Menghapus aplikasi pada perangkat di sistem operasi windows 11 ini memang cukup rumit. Kamu harus pergi ke kontrol panel dan melihat daftar aplikas, lalu pilih aplikasi yang akan dihapus dan klik uninstall.

6. Letak Task Manager Berubah

Task Manager sebelumnya berada pada opsi taskbar. Tetapi kini pada Windows 11 task manager tidak ada pada opsi di taskbar. opsi task manager kamu temukan pada opsi windows dan klik kanan di sana lalu ada menu Task Manager disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.