Scrool Untuk Membaca
Agama

Pengertian Zakat Fitrah dan Fidyah Menurut Agama

444
×

Pengertian Zakat Fitrah dan Fidyah Menurut Agama

Sebarkan artikel ini

gawoh.com – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan ini merupakan waktu yang tepat bagi umat Muslim untuk memperbanyak amalan kebaikan, termasuk di antaranya adalah memberikan zakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai arti zakat fitrah dan fidyah di bulan Ramadhan.

Apa itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan oleh setiap orang Islam yang mampu pada bulan Ramadhan sebagai tanda syukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan dalam beribadah selama satu bulan penuh. Zakat fitrah juga memiliki tujuan untuk membersihkan jiwa dan memperkuat tali persaudaraan antar sesama Muslim.

Bagaimana Menghitung Zakat Fitrah?

Zakat fitrah dihitung berdasarkan pada jenis makanan pokok yang dikonsumsi oleh mayoritas penduduk setempat selama satu hari. Di Indonesia, zakat fitrah umumnya dihitung dengan 2,5 kg beras atau makanan pokok lainnya.

Kapan Zakat Fitrah Dikeluarkan?

Zakat fitrah sebaiknya dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang berhak menerima zakat fitrah dapat memperoleh zakat tersebut sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Apa itu Fidyah?

Fidyah adalah kewajiban membayar tebusan bagi umat Muslim yang tidak mampu melaksanakan puasa di bulan Ramadhan karena alasan tertentu, seperti sakit atau hamil. Fidyah dapat dibayarkan sebagai pengganti puasa yang tidak dapat dilaksanakan.

Bagaimana Menghitung Fidyah?

Fidyah dihitung dengan membayar sebanyak satu sha’ (3 liter) makanan pokok setiap hari yang tidak berpuasa. Besaran fidyah dapat berbeda-beda tergantung pada jenis makanan pokok yang dipilih.

Kapan Fidyah Dikeluarkan?

Fidyah dapat dikeluarkan kapan saja selama bulan Ramadhan atau setelah bulan Ramadhan berakhir. Namun, sebaiknya fidyah dikeluarkan sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Kesimpulan

Zakat fitrah dan fidyah merupakan kewajiban bagi umat Muslim di bulan Ramadhan. Zakat fitrah diwajibkan bagi setiap orang Islam yang mampu dan digunakan sebagai tanda syukur atas nikmat Allah SWT serta membersihkan jiwa dan memperkuat tali persaudaraan antar sesama Muslim. Fidyah diwajibkan bagi umat Muslim yang tidak mampu melaksanakan puasa karena alasan tertentu. Kedua zakat ini dapat dikeluarkan sebelum atau setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agama

Dalam menjalani kehidupan, akhlak terpuji menjadi fondasi utama dalam membentuk kepribadian dan hubungan yang baik dengan sesama. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 contoh akhlak terpuji yang dapat menjadi…

Agama

gawoh.com – Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan ini diisi dengan berbagai macam tradisi dan ibadah yang dijalankan selama satu bulan penuh. Mulai dari puasa,…

Agama

gawoh.com – Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Dalam menjalankan puasa, terdapat…