XL Akan Menghentikan Seluruh layanan Sinyal 3G Pada Akhir Maret 2022

Foto Ilustrasi Tower Internet (Sc:Google)

Jakarta – XL Sudah menyatakan bahwa rencananya untuk mengehentikan layanan 3G pada Januari Lalu. Upaya tersebut dilakukan karena himbauan dari KOMINFO.

Proses penghentian sudah dilakukan oleh XL, dan bahkan saat ini sudah lebih dari 5000 BTS 3G XL dimatikan. dan akan terus dilakukan setiap harinya hingga penghujung Maret 2022.

“Jumlah BTS (3G) yang sudah kita matikan mungkin saat ini sekitar 5.000 dan tiap hari bertambah sekitar 1.000 BTS. Kita lakukan bertahap dan selesai akhir Maret,” tutur Direktur & Chief Technology Officer XL , I Gede Darmayusa dalam Acara Outlook Network XL Axiata 2022 yang digelar secara virtual, pada Hari Ini.

menurut Direktur XL, pada tahun 2021 mereka sudah menghentikan layanan 3G pada 22 kota, dan secara total sudah 22000 BTS 3G dialihfungsikan menjadi BTS 4G.

dan targetnya pada maret 2022 XL sudah menghentikan seluruh Layanan 3G di layanan mereka.

“Bulan depan (Maret) target kita semua 3G yang ada di jaringan XL Axiata kita matikan,” Tutur Gede Darmayusa.

Upaya menghentikan layanan 3G dilakukan XL untuk memindahkan trafik 3G ke 4G. Menurut Gede darmayusa, layanan 3G rata rata dipakai hanya untuk telepon, alih-alih data internet. dan lagi masyarakat juga sudah menggunakan telepon dengan internet data seperti penggilan WhatsApp, dibandingkan layanan telepon dengan pulsa. Dengan menghentikannya layanan 3G, spektrum yang sebelumnya digunakan 3G dapat dimanfaatkan untuk memperluas layanan 4G. “Saat ini 3G banyak dipakai untuk voice, ada (pengguna) data tapi sangat kecil, tidak signifikan. Jadi kalau shutdown 3G, tujuannya adalah karena spektrum yang sekarang digunakan 3G akan sangat efisien untuk dipakai untuk data LTE,” Tutur Direktur XL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.