5 Makanan Yang Mengandung Tinggi Gula

gawoh.com – Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula tentu dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Salah satu dampak yang sering dilihat yaitu diabetes dan obesitas. Banyak sekali makanan yang mengandung gula yang sering kita konsumsi tiap hari dan kadang kita tidak sadar akan bahaya dari kandungan gula tersebut.

Makanan yang mengandung gula memiliki rasa yang manis. Ada juga beberapa jenis  yang mungkin menyamar sebagai makanan rendah kalori, rendah lemak, dan bahkan diklaim sebagai makanan sehat.

Gula memang ada manfaatnya juga untuk tubuh yaitu sebagai sumber energy bagi tubuh untuk dapat beraktivitas tiap hari. Tetapi, pola makan yang buruk seperti makan makanan yang tinggi gula dalam jangka panjang dapat berakibat buruk pada kesehatan. Contoh makanan yang mengandung tinggi gula yaitu antara lain :

1. Saus Botolan

Saus Botolan ternyata memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Produsen makanan biasanya menambahkan gula untuk mengurangi asam dari tomat dan membuat produk tersebut tahan lama.

Selain itu saus botolan juga tinggi kandungan garam dan bahan tambahan pangan. Walaupun membuat makanan terasa lebih nikmat, biasanya makan dengan saus botolan juga dapat terkena stroke, hipertensi dan penyakit jantung.

2. Yogurt

Yogurt masuk ke dalam makanan yang menyehatkan. Tetapi produk susu ini juga dapat mengandung kandungan gula yang tinggi. Teruma yogurt yang terdapat rasa buah atau rasa tambahan seperti rasa jeruk, stroberi dan buah buahan lainnya.

Untuk mencegah mengkonsumsi gula berlebih pada yogurt, pilihlah yogurt plain atau tawar (original) agar tidak mengandung gula yang banyak.

3. Minuman Ringan

Minuman ringan terdapat kandungan gula yang sangat besar. Kandungan gula pada soft drink diperkirakan mencapai 39-99 gram. Ini jauh melebihi batas asupan gula perhari.

Konsumsi minuman ringan dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan resiko obesitas, diabetes, dan jantung.

4. Eskrim atau Puding

Es krim menjadi makanan favorit hamper tiap orang. Sayangnya rasa manis yang terdapat pada eskrim mengandung tinggi gula. Kandungan ini biasanya berasal dari sirup, gula pasir dan lainnya. Jika anda suka dengan eskrim ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi berlebihan.

5. Granola

Granola diklaim sebagai makanan yang menyehatkan dan rendah lemak, padahal makanan ini mengandung tinggi gula dan juga kalori. 100 gram granola mengandung bahkan 400-500 kandungan kalori dan 7 sendok teh gula.

Itulah 5 makanan yang mengandung tinggi gula. Ada baiknya anda memantau gula darah secara berkala di dokter untuk mencegah penyakit yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *