Scrool Untuk Membaca
Kesehatan

Apa Itu Makanan Sehat dan manfaat serta Dampaknya jika tidak mengkonsumsinya

833
×

Apa Itu Makanan Sehat dan manfaat serta Dampaknya jika tidak mengkonsumsinya

Sebarkan artikel ini
sc:pexels

gawoh.comMakanan Sehat adalah makanan yang kaya akan gizi yang dibutuhkan bagi tubuh kita. Makanan bergizi adalah makanan yang memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat dan vitamin yang seimbang dan dipadukan sesuai kebutuhan setiap orang. Menu yang sehat juga bukan berarti adalah makanan yang lezat atau enak. Karena justru makanan yang seperti itu yang banyak mengandung manfaat bagi tubuh kita dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Agar metabolisme tubuh kita dapat berjalan dengan baik, Kamu diharuskan untuk makan makanan yang bergizi, yang kaya akan vitamin. Dan menu yang sehat untuk dimakan sehari hari yaitu kategori empat sehat lima sempurna yang terdiri dari sayuran, buah, lauk dan susu. Komposisi ini memiliki kandungan yang seimbang dan bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Menu Sehat

Ada banyak sekali manfaat jika kita mengkonsumsi makanan sehat secara teratur, salah satunya yaitu menjadi sumber energi karena adanya zat yang menghasilkan energi agar kita dapat melakukan aktivitas dengan baik dan semangat. Zat makanan yang dapat menghasilkan energi yaitu antara lain adalah karbohidrat dan lemak.

Selain menjadi sumber energi, makanan sehat mengandung zat yang dapat membangun tubuh, yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengganti sel tubuh yang rusak. Zat yang menghasilkan dan berperan aktif yaitu Protein, Vitamin, dan Air.

Pengertian 4 Sehat 5 Sempurna

Menu sehat atau makanan sehat adalah menu pokok yang wajib di konsumsi setiap hari yang banyak mengandung karbohidrat. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, maka tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk kebutuhan sehari hari. Biasanya makanan yang banyak mengandung karbohidrat antara lain yaitu nasi, jagung, singkong ataupun roti.

Komposisi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna antara lain yaitu:

1. Lauk Pauk

Protein yang didapat untuk tubuh bisa kamu dapatkan dari Lauk Pauk yang kamu makan. Seperti misalnya Daging, Telur, Ikan, Tempe, Tahu dan banyak lainnya. Manfaat kandungan Protein untuk tubuh kamu yaitu dapat memperbaiki dan mengganti sel tubuh yang telah rusak.

2. Sayuran

Agar kamu tidak mudah terjangkit penyakit, maka kamu diharuskan untuk mengkonsumsi makanan sehat berupa sayuran. Karena di dalam sayuran terdapat kandungan Vitamin dan Mineral yang berguna untuk tubuh. Contoh sayur yang harus kamu makan yaitu Bayam, Kangkung, Wortel, Brokoli dan masih banyak sayuran lain.

3. Susu

Tahukah kamu bahwa susu sangat bermanfaat untuk tubuh, Karena susu dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu. Dan juga susu dapat membantu proses pemulihan tubuh, membentuk otot, menjaga berat badan dan banyak manfaat lainnya.

4. Buah Buahan

Manusia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah buahan setiap hari oleh pakar kesehatan. Karena dengan kamu mengkonsumsi buah buahan setiap harinya, kamu akan mendapatkan manfaat positif seperti menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit dan banyak manfaat lainnya. Buah buahan yang baik untuk kamu konsumsi yaitu antara lain mangga, pisang, jeruk, dan pepaya.

Menu Makanan Sehat untuk orang yang sedang melakukan Diet

1. Buah Buahan

Daripada kamu membatasi asupan karbohidrat, sebaiknya kamu membatasi asupan makanan yang mengandung manis seperti cokelat dan minuman ringan yang ditambah gula. Untuk mendapatkan asupan gula yang cukup untuk tubuh kamu, ada baiknya kamu untuk mengonsumsi buah-buahan yang memang memiliki rasa manis alami. Selain sehat, dengan kamu mengkonsumsi buah-buahan kamu juga memperbaiki pencernaan kamu.

Mengonsumsi buah-buahan saat diet karbo sangat dianjurkan karena manfaat serat yang cukup baik untuk tubuh kamu. Tapi, hindari buah buahan seperti alpukat karena buah tersebut mengandung lemak yang tinggi.

2. Konnyaku

Konnyaku adalah makanan khas jepang yang mempunyai tekstur seperti agar-agar. Konnyaku salah satu makanan yang mengandung rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga membantu sistem pencernaan dan menurunkan berat badan kamu.

3. Sayuran

Sayuran memang sangat baik dikonsumsi walaupun kamu sedang menjalani diet. Karena sayuran mengandung mineral dan serat yang baik untuk tubuh. Semua jenis sayuran sebenernya boleh dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet. Tapi perlu diperhatikan jika sedang menjalankan diet sebaiknya menghindari sayuran yang dimasak menggunakan santan karena santan mengandung banyak minyak dan lemak.

4. Shirataki

Shirataki adalah makanan jepang yang cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Shirataki adalah mie yang terbuat dari ubi konjac. Shirataki merupakan makanan yang mengandung rendah karbohidrat, bebas gluten dan rendah kalori. Shirataki dalam 112 gram mengandung 20 kalori dan 2 gram serat. Sangat baik untuk kamu yang sedang diet.

Bahaya Jika Tidak Mengkonsumsi Makanan Sehat

  1. Mood kamu akan cepat naik turun dan menyebabkan kamu menjadi kurang percaya diri.
  2. Gairah hidup akan menurun.
  3. Rentan terkena Diabetes.
  4. Kulit Wajah akan cepat kendur dan akan mulai bermunculan tanda-tanda penuaan.
  5. Pembuluh darah kamu akan terluka dan tersumbat pada bagian leher dan ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya stroke.
  6. Pembuluh darah terluka dan juga tersumbat pada jantung dan bisa menyebabkan gangguan pada jantung.

Berikut itulah Manfaat makanan sehat beserta dampak jika kita tidak mengkonsumsinya, ada baiknya kita menyayangi tubuh kita untuk investasi masa yang akan datang dengan mengkonsumsi makanan sehat mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kesehatan

Filter vacuum cleaner adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga kualitas udara di rumah Anda. Terlepas dari merek vacuum cleaner yang Anda miliki, merawat filter dengan baik akan…