Bagian dari Telinga dan Fungsinya yang Harus Diketahui Menurut SehatQ

gawoh.com – Telinga sebagai indera pendengar memiliki fungsi yang sangat vital pada kehidupan manusia. Bayangkan saat kamu tidak bisa mendengar apapun lagi tentunya kamu akan kesulitan dalam berkomunikasi. Kamu juga tidak akan bisa lagi menikmati suara-suara penenang jiwa, suara air terjun yang mengalir, rintik hujan yang tenang serta suara musik dari penyanyi favorit yang memberi penyemangat kamu.

Maka kesehatan telinga juga jangan luput dari perhatian. Indera penglihatan dalam hal ini bagian bagian telinga dan fungsinya berperan penting akan kehidupan manusia. Ayo kita cari tahu semuanya di SehatQ dan dapatkan promo kesehatan menariknya.

Fungsi pertama terdapat pada telinga bagian luar yang mana memiliki fungsi dalam pengumpulan gelombang suara pada kanal telinga. Kemudian untuk bagian telinga tengah biasanya berfungsi dalam memproses getaran serta ikut memberi keseimbangan pada tekanan telinga.

Nah untuk telinga bagian dalam ini lebih vital yang mana bertugas dalam mengirimkan sinyal pada syaraf di otak kita untuk mengenali suara-suara yang masuk.

Jika kita memahami struktur badan manusia maka di setiap bagian akan memiliki beragam posisi yang mana setiap posisi memiliki peran dan tugasnya masing-masing. Termasuk telinga yang dibagi tak hanya sebatas bagian-bagian umum saja. Ada lagi lingkup bagian kecil yang punya peran-peran penting.

Misalnya anatomi telinga yang dibagi menjadi beberapa bagian seperti telinga luar, telinga dalam serta telinga telinga tengah.

Anatomi Bagian Telinga Luar

Telinga luar memiliki bagian yang tersusun dari daun telinga serta saluran telinga.

Daun Telinga

Daun telinga adalah bagian yang bisa kita lihat secara jelas yang mana tersusun atas tulang rawan serta kulit.

Ketika kita meneruskan serta mengarahkan gelombang telinga dari luar supaya masuk ke dalam saluran telinga, maka kemudian dari saluran akan diteruskan sampai ke gendang telinga yang di sebut membran timpani

Saluran Telinga

Lain lagi dengan saluran telinga yang mana adalah bagian yang memiliki tugas dalam menghubungkan bagian telinga luar ke telinga tengah degan panjang kurang lebih 2,5 cm. Untuk posisinya dimulai dari lubang telinga luar hingga ke gendang telinga.

Anatomi Telinga Tengah

Pada bagian telinga tengah ada beberapa bagian dengan sebutan sains atau kedokteran dan harus kita pahami.

Tuba Eustasia

Bagian ini merupakan bagian yang menghubungkan bagian telinga tengah dan bagian belakang hidung, serta nasofaring. Tuba eustasia berbentuk tabung dengan diameter yang cukup sempit.

Fungsi dari tuba eustasia ini yaitu mengalirkan udara pada telinga tengah dan membawa lendir telinga untuk berpindah ke hasofaring. Eustasia dapat terbuka dalam beberapa kasus seperti ketika kita menelan untuk membuat tekanan udara pada gendang telinga terus seimbang.

Osikel

Bagian ini yaitu sebutan untuk tulang yang menyusun telinga terdiri dari beberapa sebutan seperti incus atau landasan, stapes atau sanggurdi hingga maleus atau martil.

Anatomi Telinga Bagian Dalam

Pada bagian dalam telinga kamu akan mengenal beberapa istilah lain diantaranya :

Koklea

Koklea yang berperan dalam mengubah getaran suara yang dikirim dari telinga tengah menjadi singal syaraf kemudian sinyal tersebut akan diteruskan ke otak. Koklea jika kita teliti betuknya mirip seperti cangkang siput.

Kanal Semi Sirkular

Kalau pada bagian ini berfungsi memberikan keseimbangan tubuh. Di dalam kanal kita akan melihat berbagai rambut-rambut halus dan cairan-cairan telinga. Yang kadang memiliki manfaat sebagai cara mengirimkan sinyal informasi  pada saraf vestibular yang ada di otak kita.

Sekarang kita sudah paham apa saja bagian bagian telinga dan fungsinya. Hal ini akan memberi kesadaran bahwa pentingnya telinga untuk menunjang berbagai aktivitas terutama telinga sering berhubungan dengan syaraf. 

Mulai sekarang jaga terus telinga kita yang bisa dimulai dengan sering berkonsultasi pada sehatQ yang banyak memberi promo kesehatan untuk kualitas hidup yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.