Berita  

Niat Puasa Dzulhijjah Beserta Keutamaannya Menjelang Idul Adha

Gambar Hanya Ilustrasi, Source: Pexels

gawoh.comPuasa Dzulhijjah dilakukan pada saat menjelang hari Raya Idul Adha. Puasa Dzulhijjah adalah ibadah yang dianjurkan pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah banyak keistimewaan. Bulan terakhir yang ada pada penanggalan Hijriah penuh dengan kesempatan untuk mendapatkan pahala dan bertaubat.

Selain puasa Dzulhijjah, ada juga puasa Arafah dan Tarwiyah. Ketiga amalan puasa ini dapat dilakukan dari awal bulan Dzulhijjah sampai sebelum Hari Raya Idul Adha.

Selain melaksanakan ibadah haji atau kurban, Ibadah puasa Dzulhijjah, Arafah dan Tarwiyah juga bisa dilaksanakan.

Pada 7 hari pertama bulan Dzulhijjah disebut puasa Dzulhijjah, dan hari ke-8 adalah puasa Tarwiyah, Hari ke 9 puasa Arafah. Amalan puasa ini ada pada sabda nabi Muhammad SAW :

“Tidak ada hari di mana amal salih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab, ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya, lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.