Tips Menjaga Kesehatan Mental

gawoh.com – Kesehatan Mental sangat penting di perhatikan agar kita sebagai manusia tidak down dan depresi. Karena dengan menjaga kesehatan mental kita dapat sejahtera secara emosional, kesehatan sosial dan psikologi.

Kesehatan Mental sendiri adalah cara agar menjaga kondisi seseorang dari tekanan kehidupan sehingga dapat membuat hidup menjadi lebih tenang dan baik.

Dan sebaliknya jika kesehatan mental tidak dijaga maka seseorang akan memiliki hidup yang sulit, penuh tekanan, diskriminatif, dan selalu negatif thinking terhadap sesuatu.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Terhindar Dari Penyakit Hati

1. Jalankan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat dibutuhkan untuk memulai menjaga kesehatan mental, menjaga kesehatan tubuh seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih positif. Seorang Dokter bernama Ivana mengatakan kalau manusia membutuhkan nutrisi yang cukup, tidur yang cukup, latihan dalam pernafasan dan berolahraga secara teratur. Dokter tersebut mengatakan jika manusia melakukan hidup sehat, terutama berolahraga dengan teratur maka akan dapat berpikir lebih baik dan lebih efisien.

Dan juga menjaga kesehatan mental bisa dengan cara tidur secara teratur, karena jika tidur secara teratur akan menghilangkan stress.

2. Bersosialisasi dan terhubung dengan orang lain

Bersosialisasi dengan orang lain sangat dibutuhkan manusia, karena manusia adalah makhluk sosial, kita membutuhkan satu sama lain agar dapat menjalani hidup, bahkan untuk menjaga kesehatan mental juga kita membutuhkan orang lain.

Karena dengan berinteraksi atau mengobrol dengan sesama maka otak akan merangsang agar berpikir lebih jernih dan cepat.

Maka dari itu luangkanlah waktu untuk bersosialisasi bersama keluarga atau tetangga dan melakukan aktivitas bersama.

3. Selalu berkata positif terhadap diri sendiri

Berkata positif terhadap diri sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental, karena ada penelitian menunjukkan bahwa berpikir positif terhadap diri sendiri mebuat kejiwaan manusia menjadi kuat daripada memandang diri secara negatif maka akan merasakan efek negatif juga. Maka dari itu biasakan lah untuk berkata positif terhadap diri sendiri agar lebih optimis dalam menjalani hidup.

4. Makan Makanan yang bergizi dan bervitamin

Makanan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia untuk memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makanan sehat dan lezat juga dapat menyehatkan otak. Karbohidrat yang secukupnya juga dapat meningkatkan serotonin yang memiliki efek untuk membuat suasana hati menjadi lebih damai dan tenang. Dan makanan yang banyak mengandung protein juga dapat membuat manusia menjadi lebih waspada. Sayur dan buah juga dapat memenuhi nutrisi yang memberikan efek positif terhadap setiap sel tubuh dan juga berpengaruh pada otak untuk membuat suasana hati menjadi lebih damai. Makanan seperti ikan, dan kacang kacangan juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural pada sel otak yang sangat diperlukan untuk fungsi kognitif.

5. Jika kesehatan mental sudah sangat terganggu, carilah bantuan profesional

Bantuan profesional dari dokter psikologi sangat dibutuhkan jika masalah yang dihadapi tidak selesai dan sampai mengganggu aktivitas sehari hari. Dokter Ivana sangat menganjurkan agar mencari bantuan dari dokter psikolog. Aturlah pertemuan dengan dokter psikolog dan mungkin cara ini adalah cara yang tepat jika masalah yang dihadapi tidak kunjung selesai dan bahkan mengganggu kamu.

6. Produktif

Menjaga Kesehatan Mental bisa dilakukan dengan menjaga produktivitas. Seperti melakukan kegiatan yang di sukai. Karena menurut survei memelihara produktivitas adalah bentuk memegang kendali atas hidup yang di jalankan. Pada saat anda beraktivitas akan menciptakan suasana yang baik dan memberikan rasa nyaman kepada diri anda. Ini dapat membuat kesehatan mental tidak terganggu dan less stress bagi anda.

7. Istirahat yang cukup

Istirahat sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental, dengan beristirahat yang cukup anda dapat membuat suasana hati dan otak menjadi lebih damai. Terkadang istirahat tidak melulu selalu tidur, anda bisa melakukan latihan pernapasan sederhana seperti menutup mata dan ambil tarikan napas dalam dalam, ini dapat membuat anda jadi lebih rileks dan dapat meredakan stress.

8. Membangun kesadaran

Membangun kesadaran sangat penting untuk mencegah datangnya emosi negatif. Dengan berfokus pada apa yang sedang anda kerjakan dapat membuat anda terbebas dari beban pikiran atau kekhawatiran pada sesuatu hal yang anda khawatirkan padahal belum tentu terjadi. Maka dari itu cobalah untuk fokus apa yang anda lakukan, konsentrasilah pada pekerjaan anda.

Itulah 8 Tips menjaga kesehatan mental, semoga kita semua dapat terjaga dari pikiran negatif dan dapat menjalankan hidup dengan senang hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.