Jenis-jenis Karpet Lapangan Voli Beserta Harganya

Sumber: Google

Anda mungkin sekarang sedang mencari tahu harga karpet lapangan voli, namun sebelum itu sudahkah Anda paham jenis-jenis dari karpet lapangan voli yang berbeda sesuai dengan lokasi lapangan voli dibuat.

Maksudnya, secara keseluruhan lapangan voli sendiri dibagi menjadi dua yaitu lapangan voli indoor atau lapangan voli yang berada di dalam ruangan serta lapangan voli outdoor atau lapangan voli yang berada di luar ruangan.

Dari perbedaan jenis lapangan voli tersebut, maka berbeda pula bahan yang digunakan untuk karpet lapangan voli. Begitu pula harga karpet lapangan voli juga berbeda tergantung dari jenis bahan dan harga di pasaran.

Bahan Karpet Lapangan Voli

Karpet atau matras lapangan voli dibuat dengan bahan yang berbeda sesuai jenis lapangan. Untuk lapangan voli indoor atau berada di dalam ruangan biasanya menggunakan matras degan bahan vinyl.

Karpet Dengan Bahan Vinyl

Mengapa harus bahan vinyl?

Bahan ini dinilai sangat aman ketika digunakan saat bermain atau berolahraga, tentunya saat bermain voli pemain banyak bergerak secara hiperaktif, meloncat, berlari atau mungkin sering terjatuh. Vinyl dipilih supaya bisa meminimalisir lecet saat bermain selain itu harga vinyl juga lebih terjangkau.

Sedangkan untuk lapangan voli outdoor, bahan lapangan yang digunakan sangat variatif tergantung letak lapangan voli. Biasanya lapangan voli outdoor di lakukan di tepi pantai, ataupun di dekat perumahan maupun sengaja dibuat gelanggang oleh pemerintah setempat.

Untuk lapangan voli pantai biasanya hanya menggunakan pasir pantai yang ada di lapangan. Tanpa banyak membutuhkan biaya tentunya. Hanya saja kita bisa memberi garis batas dan membangun tiang untuk meletakkan net voli.

Sementara lapangan voli yang ada di perumahan biasanya, menggunakan semenisasi lapangan. Lapangan voli yang menggunakan semenisasi biasanya akan tidak safety mengingat kerasnya permukaan lantai. Namun Anda bisa meminimalisir kecelakaan dengan menggunakan sepatu dan baju yang lebih aman.

Pada acara yang lebih bergengsi, seperti turnamen voli ataupun olimpiade. Pemerintah biasanya membuat lapangan voli outdoor dengan standarisasi ketat dimana menggunakan metode Flexi pave, sama seperti metode dalam pembangunan lapangan tennis.

Flexy pave sendiri yaitu merk dari lem bonding agent yang memliki bahan dasar dari komponen akrilik. Biasanya flexy pave di aplikasikan setelah pengerjaan cor atau semenisasi lapangan.

Mengapa harus menggunakan finishing Flexy pave?

Ketika menggunakan finishing flexy pave akan membuat lapangan outdoor menjadi lebih rata dan warnanya tidak mudah pudar selain itu metode ini membuat lapangan anti UV, anti jamur dan tidak licin sehingga para pemain voli bisa aman dalam melakukan pertandingan atau latihan.

Harga Karpet Lapangan Voli Indoor

Setelah mengetahui bahan matras atau karpet lapangan voli sekarang kita cari tahu berapa harga karpet lapangan voli indoor?.

Untuk Anda yang akan membangun lapangan voli di dalam ruangan, harga karpet lapangan voli indoor biasanya dihitung sesuai meter persegi. Pada harga pasaran harga karpet lapangan voli tersebut berkisar 300.000 sampai 500.000 per meter persegi. Tentunya harga tersebut variatif tergantung dimana Anda membelinya, bisa lebih mahal dan bisa pula lebih murah.

Namun yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli matras lapangan voli tersebut adalah kualitasnya. Karena kita harus paham keamanan saat bermain voli adalah nomor satu.

Pastikan bahwa karpet yang Anda beli juga telah berstandar internasional dari Federation international volleyball atau FIVB. Ketika Anda membeli karpet dengan standar internasional artinya dari segi kualitas dan keamanan sudah terjamin dan tak perlu diragukan lagi.

Sekarang Anda sudah mengetahui harga karpet lapangan voli, serta bahan apa saja yang ada pada lapangan voli. Silahkan memilih apakah akan membuat lapangan outdoor dengan metode flexipave ataukah membeli matras lapangan voli berbahan vinyl untuk arena indoor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.