Berita  

Gempa M 7,3 di Jepang: 2 Orang Tewas dan 90 orang luka-luka.

Gempa Bumi Jepang

gawoh.comGempa bumi kuat yang melanda timur laut Jepang pada Rabu malam 16 Maret, untuk sementara ini memutus aliran listrik ke dua juta rumah.

Gempa berkekuatan 7,3 skala richter melanda wilayah yang sama di mana gempa bumi besar memicu bencana nuklir Fukushima 11 tahun lalu.

laporan sementara Dua orang tewas dan sedikitnya 90 orang terluka, kata pemerintah jepang.

Di beberapa daerah terlalu kuat bagi orang untuk berdiri, dan gedung-gedung berguncang di ibu kota Tokyo, dikutip dari kantor berita AFP.

Gempa itu terjadi pada pukul 23:36 (21:36 WIB), pada kedalaman 57 kilometer (35,4 mil), kata pihak berwajib di Jepang.

Gempa susulan dikatakan mungkin terjadi di prefektur Fukushima, Miyagi dan Yamagata.

setelah peristiwa itu, badan meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan untuk gelombang tsunami setinggi satu meter (3,3 kaki) untuk beberapa bagian pantai timur laut, tetapi lembaga penyiaran Jepang NHK sekarang melaporkan bahwa gelombang itu telah ditarik.

Penyedia listrik lokal mengatakan sekitar 700.000 rumah di Tokyo dan 156.000 di timur laut Jepang telah dibiarkan tanpa listrik segera setelah goncangan, tetapi pasokan setelah itu telah dipulihkan ke banyak rumah.

Sejumlah orang di timur laut Jepang terluka oleh benda yang goyang dan jatuh, dan di kota Soma, Prefektur Fukushima, media lokal melaporkan bahwa seorang pria berusia enam puluhan telah meninggal. Kematian kedua dilaporkan di Prefektur Miyagi.

akibat gempa jepang

Sebuah kereta di utara kota Fukushima juga tergelincir akibat gempa, menurut operatornya. Tidak ada laporan terluka dari insiden itu.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah masih berusaha untuk menilai tingkat kerusakan, dan pihak berwenang mengatakan layanan darurat telah dibanjiri dengan panggilan telepon.

Di Ishinomaki, seorang pejabat kota mengatakan kepada AFP bahwa dia terbangun oleh “guncangan yang sangat hebat”.

“Saya mendengar tanah bergemuruh. Bukannya takut, saya langsung teringat gempa Great East Japan,” katanya merujuk pada bencana 2011.

Gempa hari Kamis terjadi hampir 60 km di lepas pantai Fukushima, tidak jauh dari pusat gempa paling kuat dalam sejarah Jepang, yang menewaskan 18.000 orang ketika terjadi sebelas tahun lalu.

Gempa 2011 memicu tsunami dan menghancurkan pembangkit nuklir Fukushima, memicu bencana besar setelah radiasi bocor dari pembangkit.

Otoritas nuklir mengatakan bahwa tidak ada kelainan yang terdeteksi setelah gempa Rabu malam di situs Fukushima yang rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.