Platform: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contohnya

gawoh.com – Platform adalah sebuah sistem atau basis yang digunakan sebagai dasar atau landasan untuk menjalankan suatu aktivitas atau sistem lainnya. Dalam dunia teknologi informasi, platform sering digunakan untuk merujuk pada sistem yang menyediakan dasar bagi aplikasi atau sistem lain untuk beroperasi.

Fungsi Platform

Platform memiliki beberapa fungsi utama, diantaranya:

Sebagai dasar untuk menjalankan aplikasi atau sistem lain. Platform menyediakan struktur dan dukungan yang dibutuhkan oleh aplikasi atau sistem lain untuk beroperasi dengan baik.

Sebagai sumber informasi. Platform sering menyediakan berbagai macam informasi yang dapat digunakan oleh aplikasi atau sistem lain, seperti data, konten, dan lain-lain.

Sebagai sumber daya. Platform sering menyediakan berbagai macam sumber daya yang dapat digunakan oleh aplikasi atau sistem lain, seperti bandwidth, CPU, dan lain-lain.

Jenis Platform

Ada beberapa jenis platform yang umum digunakan, diantaranya:

Platform perangkat keras (hardware platform) adalah sebuah sistem yang terdiri dari perangkat keras (hardware) seperti komputer, server, dan lain-lain.

Platform perangkat lunak (software platform) adalah sebuah sistem yang terdiri dari perangkat lunak (software) seperti sistem operasi, database, dan lain-lain.

Platform media sosial (social media platform) adalah sebuah sistem yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan berbagi konten di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Platform e-commerce (e-commerce platform) adalah sebuah sistem yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara online melalui toko online seperti Amazon, eBay, dan lain-lain.

Manfaat Platform

Platform merupakan sebuah sistem yang menyediakan dasar bagi aplikasi atau sistem lain untuk beroperasi. Platform memiliki banyak manfaat bagi pengguna maupun pengembang aplikasi. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari platform:

1. Efisiensi

Dengan menggunakan platform, pengguna dapat menjalankan aplikasi dengan lebih efisien karena platform menyediakan struktur dan dukungan yang diperlukan oleh aplikasi. Hal ini juga berlaku bagi pengembang aplikasi, yang dapat memanfaatkan platform untuk mempercepat proses pengembangan aplikasi.

2. Kompatibilitas

Platform memungkinkan aplikasi untuk berkompatibel dengan perangkat keras dan perangkat lunak lain yang terintegrasi dengan platform tersebut. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi pada berbagai perangkat yang tersedia.

3. Integrasi

Platform memungkinkan aplikasi untuk terintegrasi dengan sistem lain yang tersedia di platform tersebut. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh platform, seperti sistem pembayaran, pengiriman, dan lain-lain.

4. Keamanan

Platform seringkali menyediakan keamanan yang lebih baik bagi aplikasi yang berjalan di atasnya. Hal ini karena platform menyediakan dukungan dan struktur yang diperlukan untuk mencegah serangan keamanan dan kerentanan pada aplikasi.

5. Dukungan

Platform biasanya menyediakan dukungan yang lebih luas bagi aplikasi yang berjalan di atasnya. Hal ini karena platform memiliki komunitas pengembang yang lebih besar yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang terjadi pada aplikasi.

Contoh Platform Paling Populer

Saat ini, terdapat banyak sekali platform yang tersedia di pasaran, mulai dari platform perangkat keras hingga platform media sosial. Namun, beberapa platform tertentu terbukti lebih populer dibanding yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa platform paling populer yang banyak digunakan:

1. Platform perangkat keras: Windows

Windows adalah salah satu platform perangkat keras paling populer di dunia. Platform ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dan banyak digunakan oleh pengguna komputer pribadi maupun korporat.

2. Platform perangkat lunak: Android

Android adalah salah satu platform perangkat lunak paling populer di dunia. Platform ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google dan banyak digunakan pada smartphone, tablet, dan perangkat wearable lainnya.

3. Platform media sosial: Facebook

Facebook adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Platform ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan berbagi konten dengan teman-teman mereka. Facebook juga memiliki banyak fitur tambahan seperti gruplist, toko online, dan lain-lain.

4. Platform e-commerce: Amazon

Amazon adalah salah satu platform e-commerce paling populer di dunia. Platform ini memungkinkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara online melalui toko online yang terintegrasi dengan sistem pembayaran dan pengiriman.

Kesimpulan

Platform merupakan sebuah sistem yang menyediakan dasar bagi aplikasi atau sistem lain untuk beroperasi.

Platform memiliki beberapa fungsi utama, seperti sebagai dasar untuk menjalankan aplikasi atau sistem lain, sebagai sumber informasi, dan sebagai sumber daya. Ada beberapa jenis platform yang umum digunakan, seperti platform perangkat keras, platform perangkat lunak, platform media sosial, dan platform e-commerce

Manfaat yang dapat diperoleh dari platform antara lain efisiensi, kompatibilitas, integrasi, keamanan, dan dukungan.

Beberapa platform paling populer yang banyak digunakan saat ini adalah Windows sebagai platform perangkat keras, Android sebagai platform perangkat lunak, Facebook sebagai platform media sosial, dan Amazon sebagai platform e-commerce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *